dc.description.abstract | Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah.
Pada proses belajar-mengajar dibutuhkan komunikasi antara guru dan peserta didik yang
memadukan dua kegiatan, yaitu kegiatan mengajar (usaha guru) dan kegiatan belajar
(usaha murid). Maka dari itu guru menggunakan alat bantu berupa media pembelajaran
Microsoft PowerPoint 2007 dalam penyampaian materi di depan kelas. Permasalahan
yang terdapat dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi khususnya pada pokok bahasan permintaan, penawaran dan harga
keseimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran
Microsoft PowerPoint 2007 dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Pakusari pada mata pelajaran ekonomi pokok
bahasan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan Semester Ganjil Tahun Ajaran
2010/2011.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode populasi atau
keseluruhan jumlah responden dimana jumlah responden pada penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas X.1 sebanyak 40 siswa dengan mengambil lokasi penelitian pada SMA
Negeri 1 Pakusari. Penelitian ini dilaksanakan setiap hari jum’at pukul 07.00 – 08.30
pada tanggal 29 Oktober – 19 November 2010. Sumber data yang akan diperoleh dari
penelitian kali ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh
selama proses tindakan berlangsung, sedangkan data sekunder seperti denah sekolah,
struktur organisasi sekolah dan nama siswa diperoleh dari bagian Tata Usaha. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana pada setiap
siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Siklus lanjutan dilaksanakan jika pada siklus I
hasil dari penelitian belum mencapai target yang diinginkan. Adapun analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini yaitu skor rata-rata tingkat motivasi belajar siswa di
kelas X.1 sebelum tindakan hanya sebesar 2,51(50,2%) yaitu terdapat di rentang 1,8 –
2,5, yang artinya bahwa tingkat motivasinya masih rendah. Setelah pelaksanaan tindakan
pada siklus I diketahui bahwa skor rata-rata tingkat motivasi belajar siswa meningkat
sebesar 0,6(12%) menjadi 3,11(62,2%) atau pada kriteria sedang. Selain itu hasil
observasi terhadap guru sebesar 63,64% dan observasi media pembelajaran Microsoft
powerpoint 2007 sebesar 63,33%. Hasil ini tentunya belum sesuai dengan target
penelitian yaitu skor rata-rata motivasi siswa sampai pada kriteria tinggi, skor observasi
tahapan pembelajaran guru ≥ 85%, dan skor observasi media pembelajaran Microsoft
powerpoint 2007 ≥ 85%. Maka dari itu dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasilnya skor
rata-rata motivasi belajar siswa meningkat kembali sebesar 0,6(12%) menjadi 3,71 atau
pada kriteria tinggi, skor observasi guru meningkat menjadi 86,67% dan observasi media
Microsoft powerpoint 2007 meningkat menjadi 94,44%. Oleh karena itu, berpedoman
pada hipotesa dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
microsoft powerpoint 2007 dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi khususnya
pokok bahasan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan karena media
pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa | en_US |