Show simple item record

dc.contributor.authorFrisnadi Daru Prasetyo
dc.date.accessioned2014-01-22T23:00:35Z
dc.date.available2014-01-22T23:00:35Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM050210301154
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21391
dc.description.abstractProses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Pada proses belajar-mengajar dibutuhkan komunikasi antara guru dan peserta didik yang memadukan dua kegiatan, yaitu kegiatan mengajar (usaha guru) dan kegiatan belajar (usaha murid). Maka dari itu guru menggunakan alat bantu berupa media pembelajaran Microsoft PowerPoint 2007 dalam penyampaian materi di depan kelas. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi khususnya pada pokok bahasan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Microsoft PowerPoint 2007 dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Pakusari pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode populasi atau keseluruhan jumlah responden dimana jumlah responden pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X.1 sebanyak 40 siswa dengan mengambil lokasi penelitian pada SMA Negeri 1 Pakusari. Penelitian ini dilaksanakan setiap hari jum’at pukul 07.00 – 08.30 pada tanggal 29 Oktober – 19 November 2010. Sumber data yang akan diperoleh dari penelitian kali ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh selama proses tindakan berlangsung, sedangkan data sekunder seperti denah sekolah, struktur organisasi sekolah dan nama siswa diperoleh dari bagian Tata Usaha. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana pada setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Siklus lanjutan dilaksanakan jika pada siklus I hasil dari penelitian belum mencapai target yang diinginkan. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu skor rata-rata tingkat motivasi belajar siswa di kelas X.1 sebelum tindakan hanya sebesar 2,51(50,2%) yaitu terdapat di rentang 1,8 – 2,5, yang artinya bahwa tingkat motivasinya masih rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I diketahui bahwa skor rata-rata tingkat motivasi belajar siswa meningkat sebesar 0,6(12%) menjadi 3,11(62,2%) atau pada kriteria sedang. Selain itu hasil observasi terhadap guru sebesar 63,64% dan observasi media pembelajaran Microsoft powerpoint 2007 sebesar 63,33%. Hasil ini tentunya belum sesuai dengan target penelitian yaitu skor rata-rata motivasi siswa sampai pada kriteria tinggi, skor observasi tahapan pembelajaran guru ≥ 85%, dan skor observasi media pembelajaran Microsoft powerpoint 2007 ≥ 85%. Maka dari itu dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasilnya skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat kembali sebesar 0,6(12%) menjadi 3,71 atau pada kriteria tinggi, skor observasi guru meningkat menjadi 86,67% dan observasi media Microsoft powerpoint 2007 meningkat menjadi 94,44%. Oleh karena itu, berpedoman pada hipotesa dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran microsoft powerpoint 2007 dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi khususnya pokok bahasan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan karena media pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301154;
dc.subjectPEMBELAJARAN, MOTIVASIen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT 2007 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011 Kelas X.1 SMA Negeri 1 Pakusari Kabupaten Jember )en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record