dc.description.abstract | Tanggung Jawab sosial perusahaan merupakan bentuk tanggung jawab
perusahaan kepada stakeholder maupun shareholdernya dalam menjalankan
aktifitas bisnisnya. Tanggung jawab sosial perusahaan biasanya digunakan untuk
meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif kegiatan
bisnis suatu perusahaan yang nantinya akan berdampak pada citra perusahaan di
mata masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskriptifkan bentuk
tanggung jawab sosial perusahaan pada Rumah sakit PTPN X jember klinik yang
merupakan basis untuk mempertahankan citra perusahaan. Penelitian ini
menggunakan paradigma kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi dan metode wawancara mendalam dan tidak terstruktur dengan
menggunakan analisis data reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Sebagai perusahaan yang besar sudah seharusnya Rumah Sakit PTPN X
Jember Klinik peduli pada hak- hak karyawan, masyarakat, investor maupun
konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskriptifkan bentuk
tanggung jawab sosial perusahaan yang merupakan basis dari mempertahankan
citra perusahaan pada Rumah Sakit PTPN X Jember Klinik
Tanggung jawab sosial pada Rumah sakit PTPN X Jember Klinik meliputi
workplace and human right yang merupakan penghormatan terhadap hak- hak
karyawan yang memperhatikan K3 Karyawan salah satunya dengan membangun
fasilitas untuk karyawan di tempat kerja antara lain:kantin, koperasi karyawan,
SPTP, tempat peribadatan, perupahan karyawan serta penyediaan dana pensiun.
Kesehatan dan keselamatan kerja karyawan diwujudkan melalui program asuransi
kesehatan, pemeriksaan kanker secara rutin,penginformasian gizi dan penyakit
mewabah. Program youth development yaitu dengan pemberian kesempatan
viii
magang dan uang kos untuk anak karyawan. Waste recycling merupakan program
rumah sakit untuk meminimalisir limbah yang dihasilkan dengan membangun unit
pengolahan limbah. Program sosial religi yang meliputi program sunatan
massal,pengobatan gratis, pengiriman tenaga medis ke daerah bencana serta bina
lingkungan yang ditujukan pada masyrakat sekitar rumah sakit perkebunan. Yang
terakhir ada program customer service system dengan dibuatnya official website
dan sertifikasi iso 9000:2008 Bentuk tanggung jawab sosial perusahaan rumah
sakit merupakan inisiatif dari Rumah sakit PTPN X Jember Klinik. Bentuk
kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan pada rumah sakit ada yang bersifat
jangka panjang maupun jangka pendek. Dampak positif dari kegiatan tanggung
jawab sosial perusahaan pada rumah sakit perkebunan bisa dilihat dari citra positif
rumah sakit yang terbentuk di masyarakat yang akhirnya membentuk loyalitas
konsumen. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kunjungan pasien pada
rumah sakit perkebunan jember klinik.
Program tanggung jawab sosial di Rumah Sakit PTPN X Jember Klinik
telah mencakup sasarannya. Namun ada beberapa hal yang kuran dimaknai dari
program tanggung jawab sosial tersebut yaitu kurangnya program yan bersifat
berkelanjutan untuk pembangunan masyarakat masih sangat sedikit sekali | en_US |