• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Stimulasi Bermain dari Keluarga dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia Toddler di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (179)x_1.pdf (146.4Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Heny Ernawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan anak pada usia toddler (1-3 tahun) merupakan masa datangnya kematangan anak untuk menguasai berbagai macam kecakapan yang disebut dengan periode kritis. Periode kritis merupakan masa dimana anak memerlukan rangsangan atau stimulasi yang berguna agar otak dan potensinya berkembang. Kemampuan dan tumbuh kembang anak perlu dirangsang oleh orangtua agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan sesuai umurnya. Bermain dalam masa anak-anak adalah kegiatan yang serius yang merupakan bagian penting dalam perkembangan tahun-tahun pertama masa anakanak. Tugas orangtua adalah memberi kebebasan kepada anak untuk bermain sepuasnya, sambil mengawasi dan memberi batasan waktu bermain, agar anak tetap ingat akan kewajiban lainnya. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stimulasi bermain dari keluarga dengan tingkat perkembangan anak usia toddler di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Desain penelitian yang dilakukan adalah correlation study dengan jenis penelitian analitik observasional atau survei analitik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia toddler yang terdapat di wilayah kerja Puskesmas Kaliwates Kabupaten Jember pada bulan April tahun 2011, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 56 responden berdasarkan perhitungan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan cluster sampling. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pemberian stimulasi bermain dari keluarga yang baik sebesar 62,5% dan pemberian stimulasi bermain dari keluarga yang buruk sebesar 37,5%. Tingkat perkembangan anak yang normal sebesar 80,4%, anak dengan tingkat perkembangan suspek dan tidak dapat diuji masing-masing sebesar 17,9% dan 1,8%. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji Chi-Square. Pada x hasil analisis diperoleh nilai p yang didapat adalah sebesar 0,003 (0,003<0,05) maka Ha diterima. Dengan demikian ada hubungan stimulasi bermain dari keluarga dengan tingkat perkembangan anak usia toddler di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21373
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1621]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository