Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Pembelajaran Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negeri Klompangan 02 Ajung-Jember Tahun Ajaran 2009/2010
Abstract
Daya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran IPS akan berdampak pada
rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah
metode pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, sehingga
kurang membangkitkan motivasi belajar siswa dan pemahaman siswa. Selain itu juga,
guru jarang menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa
akibatnya siswa merasa jenuh dan bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
membangkitkan aktivitas, daya serap dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Klompangan 02 Jember dan
pengambilan data dilakukan pada tanggal 8 Februari 2010 sampai dengan 23 Februari
2010. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VB. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama
pembelajaran berlangsung, dan hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan media
pembelajaran peta konsep pokok bahasan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan
Indonesia pada siswa kelas VB SD Negeri Klompangan 02 Jember terlaksana dengan
lancar. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pembelajaran dan
Siklus II hanya 1 kali pembelajaran karena merupakan pemantapan dari siklus I.
Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran
sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal adalah 67,96% pada
x
pembelajaran I dan meningkat menjadi 79,62% pada pembelajaran II di siklus I,
84,44% pada pembelajaran III semakin meningkat dibandingkan dari siklus I ke
siklus II. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara
lain awalnya terdapat beberapa siswa yang malu bertanya dan sulit berinteraksi
dengan teman-temannya, kurang berpartisipasi dan cenderung pasif.
Rata-rata keaktivan siswa pada dua siklus pembelajaran meningkat dari
73,79% siklus I menjadi 84,44% pada siklus II. Sedangkan prosentase ketuntasan
hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 85,11% dan mencapai 94,44% pada
siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Media
pembelajaran peta konsep pokok bahasan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan
Indonesia pada siswa kelas VB SD Negeri Klompangan 02 Jember cukup optimal
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.