SISTEM PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-FANANI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER KELURAHAN SUMBERSARI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2011-2012
Abstract
Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia
khususnya pulau jawa, yang menyelenggarakan proses pendidikan dengan sistem
asrama
Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah
Sistem Pembelajaran di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani Universitas
Muhammadiyah Jember tahun 2011-2012, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
sistem pembelajaran pondok pesantren Tahfidzhul Qur’an Al-Fanani Universitas
Muhammadiyah kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
tahun 2011-2012.
Kemudian manfaat dari penelitian ini adalah supaya masayarakat banyak
mengerti tentang isi di Dalam pesantren pada hakekatnya terutama sistem
Pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif
karena penelitian ini tidak bermaksud untuk membandingkan atau menghubungkan
dua variabel tertentu, melainkan untuk mengetahui bagaimana sistem pembelajaran di
pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani.
Daerah penelitian ini berada di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Fanani
Universitas Muhammadiyah Jember. Penentuan tempat menggunakan metode
purposive Sampling Area. Dengan Informan kunci 3 Ustadz Pondok Pesantren, 10
informan pendukung yang berstatus sebagai Santri Pondok pesantren Tahfidzul
Qur’an Al-Fanani Unmuh Jember.
Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini Dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan.
Informasi yang diperoleh dengan wawancara dengan informan kunci yang di
cocokkan dengan hasil wawancara pada pendukung dan hasil observasi secara
langsung dengan teknik triangulasi atau verifikasi untuk mendapatkan data yang
valid.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pondok pesantren
Tahfidzul Qur’an Al-Fanani Universitas Muhammadiyah Jember telah mengalami
perkembangan, hal ini dapat diketahui dengan pemaduan sistem pendidikan klasik
dengan sistem pendidikan modern yang mampu diterima oleh santri. maka saran yang
Dapat disampaikan untuk pondok pesantren yaitu, diharapkan untuk selalu
mengembangkan pendidikan yang berkarakter dan baik bagi para santri sehingga
menghasilkan output yang berkualitas.
.