• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-FANANI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER KELURAHAN SUMBERSARI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (56)FKIP.Pend.luar.sekol_1.pdf (441.3Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Meidian Fauzi Mubarok
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia khususnya pulau jawa, yang menyelenggarakan proses pendidikan dengan sistem asrama Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Sistem Pembelajaran di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani Universitas Muhammadiyah Jember tahun 2011-2012, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran pondok pesantren Tahfidzhul Qur’an Al-Fanani Universitas Muhammadiyah kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun 2011-2012. Kemudian manfaat dari penelitian ini adalah supaya masayarakat banyak mengerti tentang isi di Dalam pesantren pada hakekatnya terutama sistem Pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini tidak bermaksud untuk membandingkan atau menghubungkan dua variabel tertentu, melainkan untuk mengetahui bagaimana sistem pembelajaran di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani. Daerah penelitian ini berada di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Fanani Universitas Muhammadiyah Jember. Penentuan tempat menggunakan metode purposive Sampling Area. Dengan Informan kunci 3 Ustadz Pondok Pesantren, 10 informan pendukung yang berstatus sebagai Santri Pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani Unmuh Jember. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Informasi yang diperoleh dengan wawancara dengan informan kunci yang di cocokkan dengan hasil wawancara pada pendukung dan hasil observasi secara langsung dengan teknik triangulasi atau verifikasi untuk mendapatkan data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani Universitas Muhammadiyah Jember telah mengalami perkembangan, hal ini dapat diketahui dengan pemaduan sistem pendidikan klasik dengan sistem pendidikan modern yang mampu diterima oleh santri. maka saran yang Dapat disampaikan untuk pondok pesantren yaitu, diharapkan untuk selalu mengembangkan pendidikan yang berkarakter dan baik bagi para santri sehingga menghasilkan output yang berkualitas. .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21348
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository