PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN DAUR AIR DI SDN SUMBERDANTI 01 SUKOWONO, JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Sumberdanti 01
Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember, menggambarkan bahwa pada kondisi awal
guru masih menerapkan metode konvensional yang mengakibatkan pembelajaran
bersifat monoton sehingga suasana pembelajaran terasa membosankan. Siswa senang
berbicara sendiri saat guru menerangkan dan motivasi belajar siswa rendah, sehingga
hasil belajar siswa tidak tercapai secara maksimal. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (a) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas V
setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran
IPA pokok bahasan daur air?; (b) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas
V setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran
IPA pokok bahasan daur air? Penelitian ini bertujuan: (a) untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA; (b) untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Sumberdanti 01 Kecamatan
Sukowono, pada semester genap tahun pelajaran 2011 – 2012 dengan menggunakan
rancangan penelitian model Hopkins. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
V sejumlah 21 orang siswa. Pelaksanaan pembelajaran dimulai tanggal 24 Februari
2012 sampai 7 Maret 2012.
Analisis data hasil observasi motivasi belajar siswa menunjukkan adanya
peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 14,64. Motivasi belajar siswa pada siklus I termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 77,26 dan
meningkat menjadi sangat tinggi dengan skor rata-rata 91,90 di siklus II. Analisis
data hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan sebesar 28,57% dari siklus I ke
siklus II. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 57,14%
(tidak tuntas), kemudian meningkat menjadi 85,71% pada siklus II (tuntas).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (a) motivasi belajar siswa selama
menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching mengalami peningkatan dan
termasuk kategori motivasi belajar sangat tinggi; (b) hasil belajar siswa kelas V pada
mata pelajaran IPA kelas V pokok bahasan daur air di SDN Sumberdanti 01
Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember mengalami peningkatan setelah guru
menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Saran yang bisa penulis berikan
antara lain: diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Quantum
Teaching sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPA dan menjadi masukan
bagi siswa untuk lebih meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran,
sehingga akan sangat baik apabila kepala sekolah memperhatikan pembelajaran yang
dilakukan di kelas secara rutin dan menyarankan perbaikan apabila ditemukan
kekurangan-kekurangan atau kelemahan pada proses pelaksanaannya.