• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU SOAL DISERTAI JAWABAN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    21 (217)_processed_1.pdf (985.0Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Windi Astutik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika merupakan mata pelajaran yang tidak hanya berisi teori dan rumus untuk dihafal, tetapi fisika memerlukan pengertian dan pemahaman konsep yang dititik beratkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui suatu penemuan, penyajian data secara matematis dan berdasarkan aturan-aturan tertentu. Dengan demikian, peserta didik dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka sendiri dengan cara berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Problem Based Instruction (PBI) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep yang essensial dari mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji hasil belajar siswa pada penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dengan media permainan kartu soal disertai jawaban pada pembelajaran fisika di SMA, (2) mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) dengan media permainan kartu soal disertai jawaban pada pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas control dan kelas ekspriemen, dan menggunaka persentse aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. . Analisa data menggunakan SPSS 16 menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol. Setelah dikonsultasikn pada taraf signifikansi 5 % hasilnya pada KBM 1 yaitu 0,010 <0,05; KBM 2 yaitu 0,001 < 0,05 dan KBM 3 yaitu 0,004 < 0,05. Dengan demikian rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Problem Based Instruction dengan media permainan kartu soal disertai jawaban pada KBM 1 aktivitas belajar siswa sebesar 80,95%, pada KBM 2 aktivitas belajar siswa sebesar sebesar 82,66 % dan pada KBM 3 aktivitas belajar siswa sebesar 87,26 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model PBI ( Problem Based Instruction ) dengan media permainan kartu soal disertai jawaban dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X.5 SMA Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2012/2013.. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada kegiatan belajar mengajar (KBM) 1, KBM 2, dan KBM 3 yaitu 74,75; 75,62; dan 76,25 sedangkan nilai rata – rata siswa kelas kontrol pada KBM 1, KBM 2, dan KBM 3 yaitu 70; 69,25; dan 70,75. Aktivitas belajar siswa kelas X.5 SMA Negeri 5 semester ganjil Jember tahun ajaran 2012/2013 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model PBI ( Problem Based Instruction) dengan media permainan kartu soal disertai jawaban termasuk dalam kategori aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21315
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository