PENGARUH HASIL BELAJAR PENDIDIKAN SISTEM GANDA TERHADAP SIKAP BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII jurusan Teknik Otomotif SMK PGRI 3 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Dalam rangka pendekatan kesesuaian mutu tamatan yang meliputi
kemampuan kerja dan sikap professional, serta jumlah tamatan dengan kebutuhan
lapangan kerja. Depdiknas menempuh kebijakan untuk menyelenggarakan kurikulum
SMK dengan model sistem ganda, dengan harapan agar siswa dapat menerapkan teori
ke dalam lapangan pekerjaan dan menyesuaikan dengan masalah yang ditemui di
lapangan pekerjaan tersebut. Siswa mempunyai dua jenis lingkungan belajar, yaitu
lingkungan belajar disekolah dan lingkungan belajar di luar sekolah. Pemanfaatan dua
lingkungan belajar dalam kegiatan proses pendidikan itulah disebut dengan program
PSG. Bagi lembaga pendidikan kejuruan, PSG merupakan suatu keharusan dalam
pelaksanaan pendidikannya. Berpijak pada masalah tersebut, penerapan program
sistem ganda merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas
pendidikan kejuruan.
Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
“Adakah pengaruh yang signifikan Hasil Belajar Pendidikan Sistem Ganda terhadap
Sikap Berwirausaha (Studi kasus pada siswa kelas XII jurusan Teknik Otomotif di
SMK PGRI 3 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011/2012)”?
Sesuai dengan permasalahan di atas maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Hasil Belajar
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) terhadap Sikap Berwirausaha (Studi kasus pada
siswa kelas XII jurusan Teknik Otomotif di SMK PGRI 3 Tanggul Kabupaten Jember
Tahun Ajaran 2011/2012).PSG merupakan inovasi pada program SMK dimana peserta didik melakukan
praktek kerja di perusahaan atau industri yang merupakan bagian integral dari proses
pendidikan dan pelatihan di SMK. Kegiatan PSG merupakan suatu proses pendidikan
keahlian professional yang memadukan secara sistematik antara program penguasaan
keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung pada dunia kerja secara terarah
untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu. Kegiatan PSG ini dapat
memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan yang memadai bagi peserta didik.
Pengalaman yang diperoleh dari kegiatan ini diharapkan dapat mendorong sikap
siswa dalam berwirausaha. Hasil belajar PSG merupakan keberhasilan peserta didik
setelah menyelesaikan praktek di dunia usaha dalam industri (DUDI) berupa nilai.
Penilaian diartikan sebagai proses pengukuran dan penafsiran hasil pengukuran
tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang harus dikuasainya Adapun
hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan Hasil Belajar Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) terhadap Sikap Berwirausaha (Studi kasus pada siswa kelas XII
jurusan Teknik Otomotif di SMK PGRI 3 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran
2011/2012).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian
menggunakan metode proportional random sampling dengan responden sebanyak 61
siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas,
persamaan garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji f, dan koefisien
determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PSG berpengaruh
signifikan terhadap sikap berwirausaha. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan
menggunakan uji F yaitu pada variabel Hasil Belajar PSG (X) thitung > ttabel (297.668
> 4,004), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. artinya adalah variabel independent
Hasil Belajar PSG (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel
dependent Sikap Berwirausaha (Y). dengan tingkat taraf signifikan = 5% dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 83,5% yang berarti bahwa variabel PSG
memberikan proporsi sumbangan sebesar 83,5% terhadap sikap berwirausaha.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar PSG
memberikan kontribusi yang positif terhadap sikap berwirausaha. Hal ini dikarenakan
segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan PSG tersebut diharapkan
mampu memberikan keterampilan, kemampuan, dan keahlian bagi para siswa SMK
PGRI 3 Tanggul yang sangat dibutuhkan pada saat mereka mencari pekerjaan setelah
lulus.