• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS DESKRIPTIF LEVEL PERTANYAAN PADA SOAL UJIAN NASIONAL (UNAS) MATEMATIKA SMP KABUPATEN JEMBER TAHUN 2005-2007 BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

    Thumbnail
    View/Open
    21 (204)_processed_1.pdf (237.3Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    WINDA PRAMITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh UNAS sebagai penentu kelulusan siswa yang kompeleksitas soalnya perlu disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa SMP. Taksonomi SOLO (The Structure of The Observed Learning Outcome) atau struktur hasil belajar yang teramati mengklasifikasikan kualitas hasil belajar siswa dan merupakan alat yang mudah dan sederhana untuk menentukan tingkat kesulitan atau kompleksitas suatu soal atau pertanyaan, sehingga akan diperoleh level pertanyaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase masing-masing level pertanyaan berdasarkan Taksonomi SOLO pada soal Ujian Nasional (UNAS) Matematika SMP Kabupaten Jember tahun 2005-2007. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu mengklasifikasikan dan mencari persentase masing-masing level pertanyaan pada soal UNAS Matematika SMP Kabupaten Jember Tahun 2005-2007 berdasarkan Taksonomi SOLO. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data berupa data kuantitatif yaitu dengan menggunakan rumus untuk menghitung persentase masingmasing level pertanyaan pada soal UNAS Matematika SMP Kabupaten Jember Tahun 2005-2007 berdasarkan Taksonomi SOLO. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, untuk soal UNAS tahun 2005 yang terdiri dari 31 pertanyaan dari 30 soal adalah 3 pertanyaan atau 9,68% berada pada level unistruktural; 14 pertanyaan atau 45,16% berada pada level multistruktural; 14 pertanyaan atau 45,16% berada pada level relasional; dan tidak terdapat pertanyaan atau 0% berada pada level abstrak diperluas. Untuk soal UNAS tahun 2006 yang terdiri dari 30 pertanyaan dari 30 soal diperoleh 3 pertanyaan atau 10% berada pada level unistruktural; 16 pertanyaan atau 53,33% berada pada level multistruktural; 11 pertanyaan atau 36,67% berada pada level relasional; dan tidak terdapat pertanyaan atau 0% berada pada level abstrak diperluas, untuk soal UNAS tahun 2007 yang terdiri dari 30 pertanyaan dari 30 soal diperoleh 5 pertanyaan atau 16,67% berada pada level unistruktural; 12 pertanyaan atau 40,00% berada pada level multistruktural; 13 pertanyaan atau 43,33% berada pada level relasional; dan tidak terdapat pertanyaan atau 0% berada pada level abstrak diperluas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21299
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository