Show simple item record

dc.contributor.authorWinda Listyaningsih
dc.date.accessioned2014-01-22T14:06:55Z
dc.date.available2014-01-22T14:06:55Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210204151
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21295
dc.description.abstractKegiatan observasi awal yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru kurang optimal serta aktivitas belajar siswa masih rendah sehingga siswa masih mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena aspek-aspek yang mendukung pembelajaran kurang optimal, diantaranya guru masih cenderung menggunakan metode pembelajaran monoton, serta kurang optimalnya pemanfatan buku-buku pelajaran IPS sebagai sumber belajar siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan model kooperatif tipe group investigation. Alasan dipilihnya model pembelajaran kooperatif tipe group investigation karena dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sehingga dalam implementasinya dapat membangkitkan kerjasama kelompok dan menanamkan budaya berfikir mandiri dengan adanya pemahaman materi untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe group investigation yang dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas V SDN Wotgalih 01 Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2010-2011?. (2) bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe group investigation yang dapat meningkatkan aktivitas proses pembelajaran siswa kelas V SDN Wotgalih 01 Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2010-2011?. (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wotgalih 01 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2010-2011 melalui penerapan model kooperatif tipe group investigation?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa selama kegiatan pembelajaran group investigation pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di SDN Wotgalih 01; (2) untuk meningkatkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran group investigation pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di SDN Wotgalih 01; (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPS siswa kelas V di SDN Wotgalih 01. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Wotgalih 01 Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang yang terdiri dari 26 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I presentase aktivitas belajar 50% dan pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 92,30% sehingga peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II adalah 42,30%. Secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar pada pembelajaran siklus I ke siklus II juga meningkat, pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 61,53%, siklus II persentase hasil belajar sebesar 88,46% jadi memenuhi SKM yang di tetapkan SDN Wotgalih 01 Yosowilangun Lumajang yaitu sebesar 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah , persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 61,53% dengan siswa tuntas sebanyak 16 dari 26 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus II yaitu 88,46% dengan siswa tuntas sebanyak 23 dari 26 siswa. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93%, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang praktis, aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik, dapat terjalin adanya interaksi yang baik antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, serta siswa dengan sumber belajar, sehingga pemanfaatan sumber belajar dapat optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204151;
dc.subjectModel Kooperatif Tipe Group Investigationen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN WOTGALIH 01 YOSOWILANGUN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record