• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI KUALITAS DAN OUTPUT PEMBELAJARAN (EKOP) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIIIB SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    21 (201)_processed_1.pdf (448.2Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Winda Hurotul ‘Aini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model EKOP merupakan model evaluasi yang di gunakan untuk menilai kualitas dan output pembelajaran. Model ini menggunakan pendekatan proses dan hasil. Penilaian proses pembelajaran dalam hal ini disebut dengan penilaian kualitas pembelajaran, sedangkan penilaian hasil pembelajaran dibatasi penilaian output penbelajaran, sehingga nama model ini disebut dengan model Evaluasi Kualitas dan Output Pembelajaran (model EKOP). Tujuan dari penggunaan model EKOP ini mendeskripsikan proses pelaksanaan evaluasi program pembelajaran dilihat dari kualitas dan output pembelajarannya dan mengetahui tingkat keberhasilan evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, metode wawancara dan metode dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Negeri Jember. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada evaluasi model EKOP dapat diketahui bahwa setelah diadakan analisis tentang kualitas dan output pembelajaran ada beberapa indikator yang perlu di tingkatkan. Kualitas pembelajaran yang terdiri dari beberapa indikator yaitu kinerja guru, fasilitas pembelajaran, iklim, sikap dan motivasi masih ada yang perlu diperbaiki. Kualitas pembelajaran memperoleh skor 3.65yang artinya baik sedangkan output pembelajaran memperoleh skor 3.8 yang artinya baik. Hasil analisis dari guru mata pelajaran tentang kinerja guru dan fasilitas pembelajaran mendapatkan skor 4.67 dan 4.73 yang berarti baik, sedangkan hasil analisis dari pengawas memperoleh skor 4.00 dan 4.55 yang berarti baik.Berdasarkan hasil dari penelitian dapat direkomendasikan kepada guru sebagai saran perbaikan terhadap komponen antara lain: (1) Satu atau beberapa indikator kinerja guru dalam kelas yang dianggap masih kurang atau masih perlu ditingkatkan. (2) Satu atau beberapa indikator iklim kelas yang dianggap masih kurang atau masih perlu ditingkatkan. (3) Satu atau beberapa indikator sikap yang dianggap masih kurang atau masih perlu ditingkatkan. (4) Satu atau beberapa indikator motivasi yang dianggap masih kurang atau masih perlu ditingkatkan. Selanjutnya rekomendasi untuk sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melihat beberapa komponen yang meliputi : (1) kinerja guru, khususnya yang terkait dengan kompetensi guru perlu dikembangkan. (2) iklim kelas yang perlu ditingkatkan agar lebih memadai. (3) meningkatkan sikap pembelajaran siswa yang inovatif dan (4) meningkatkan motivasi belajar siswa agar menjadi lebih baik
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21294
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository