Show simple item record

dc.contributor.authorRovita Na’imah
dc.date.accessioned2014-01-22T13:51:42Z
dc.date.available2014-01-22T13:51:42Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM060210391126
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21285
dc.description.abstractPenelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang kurang tepat khususnya pada siswa kelas X.2 di SMA Negeri Plus Sukowono. Terbukti dengan perolehan nilai ulangan harian siswa pada pokok bahasan sebelumnya yaitu Uang mencapai ketuntasan 66,66%. Nilai ulangan harian tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan kelas X yang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar dan apakah dengan melalui penerapan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengacu pada ranah kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan bank di kelas X2 SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model SAVI dan meningkatan hasil belajar siswa dengan mengacu pada ranah kognitif dan psikomotor pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan bank siswa kelas X.2 SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penentuan tempat penelitian ini menggunakan metode purposive yaitu tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja disesuaikan dengan tujuan penelitian yakni di kelas X.2 SMA Negeri Plus Sukowono. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas X.2 sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini antara lain dengan penerapan model SAVI, kegiatan guru selama mengajar, hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model SAVI dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 yang ditandai dengan perolehan nilai ulangan harian pada siklus I yaitu 72,72% meningkat menjadi 87,87%. Hal ini berarti telah melebihi target pencapaian kompetensi suatu indikator yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 85%. Keterampilan siswa bersimulasi peran juga mengalami peningkatan dari 84,9% menjadi 96,96%, sehingga kriteria keterampilan simulasi siswa dapat dikatakan sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan model SAVI pada pokok bahasan bank di kelas X.2 SMA Negeri Plus Sukowono Kabupaten Jember merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru dalam upaya peningkatan hasil belajar siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391126;
dc.subjectModel SAVIen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN BANK DI KELAS X.2 SMA NEGERI PLUS SUKOWONOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record