PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survai dengan maksud explanatory
research yaitu menjelaskan hubungan antar variabel menggunakan pengujian
hipotesa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi variabel bauran
pemasaran terhadap variabel loyalitas pelanggan dan variabel bauran pemasaran
yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada
pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL jalan Sumatra
no.161 Jember tahun 2008). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang
melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL Jember dan sampel yang diambil
sebanyak 100 orang dengan teknik accidental purposive sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi
linier berganda, koefisien determinasi berganda, uji F, dan uji t. Sebagai syarat
analisis digunakan uji asumsi klasik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel
bauran pemasaran (produk, harga, tempat, karyawan, proses dan bukti fisik)
mempunyai pengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini
dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (113,957 > 2,198) dengan signifikansi
0,000 dan koefisien determinan (R Square) sebesar 0,880 yang berarti bahwa proporsi
sumbangan variabel produk, harga, tempat, karyawan, proses dan bukti fisik secara
bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan sebesar 88,0%. Hasil uji t dari masingmasing
variabel bauran pemasaran terhadap variabel loyalitas pelanggan adalah
produk (X1) = thitung > ttabel (3,312 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,001, harga (X2) =thitung > ttabel (3,368 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,001, distribusi (X3) = thitung > ttabel
(1,108 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,027, karyawan (X4) = thitung > ttabel (3,152 >
1,986) dengan = 0,05 > 0,002, proses (X5) = thitung > ttabel (5,130 > 1,986) dengan =
0,05 > 0,000, dan bukti fisik (X6) = thitung > ttabel (2,607 > 1,986) dengan = 0,05 >
0,011. Variabel bauran pemasaran (X) mempunyai pengaruh yang sangat kuat
terhadap loyalitas pelanggan (Y) dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar
0,938. Variabel proses (X5) mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas
pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL tahun 2008 sebesar
32,76%. Untuk itu, variabel bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang sangat
signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter
AA CELL Jember tahun 2008. Sehingga variabel bauran pemasaran dapat digunakan
sebagai salah satu strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas
pelanggan.