• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

    Thumbnail
    View/Open
    21 (190)_processed_1.pdf (265.6Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    WINARTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian survai dengan maksud explanatory research yaitu menjelaskan hubungan antar variabel menggunakan pengujian hipotesa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi variabel bauran pemasaran terhadap variabel loyalitas pelanggan dan variabel bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL jalan Sumatra no.161 Jember tahun 2008). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL Jember dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan teknik accidental purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi berganda, uji F, dan uji t. Sebagai syarat analisis digunakan uji asumsi klasik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat, karyawan, proses dan bukti fisik) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (113,957 > 2,198) dengan signifikansi 0,000 dan koefisien determinan (R Square) sebesar 0,880 yang berarti bahwa proporsi sumbangan variabel produk, harga, tempat, karyawan, proses dan bukti fisik secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan sebesar 88,0%. Hasil uji t dari masingmasing variabel bauran pemasaran terhadap variabel loyalitas pelanggan adalah produk (X1) = thitung > ttabel (3,312 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,001, harga (X2) =thitung > ttabel (3,368 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,001, distribusi (X3) = thitung > ttabel (1,108 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,027, karyawan (X4) = thitung > ttabel (3,152 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,002, proses (X5) = thitung > ttabel (5,130 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,000, dan bukti fisik (X6) = thitung > ttabel (2,607 > 1,986) dengan = 0,05 > 0,011. Variabel bauran pemasaran (X) mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap loyalitas pelanggan (Y) dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,938. Variabel proses (X5) mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL tahun 2008 sebesar 32,76%. Untuk itu, variabel bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa di konter AA CELL Jember tahun 2008. Sehingga variabel bauran pemasaran dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21276
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository