PENGENDALIAN PROSES OPERASI DALAM UPAYA MENJAGA KUALITAS PELAYANAN PADA CV. ANDHINI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pengendalian proses
operasi jasa CV.Andhini.dalam upaya menjaga kualitas pelayanan Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dokumentasi. Data yang sudah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan
analisis domain dan analisis taksonomi. Penentuan informan untuk memperoleh data
yang lengkap dalam penelitian, informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah
Bapak Waspo Adi Susilo selaku Direktur, Bapak Sugeng Pracoyo selaku administrasi
dan gudang, Bapak Febri sebagai pengawas operasi, dan berbagai tenaga kerja atau
teknisi operasi perusahaan CV. Andhini untuk memberikan informasi yang
dibutuhkan dalam menjawab hal – hal yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pelaksanan pengendalian operasi
CV.Andhini dilakukan dengan mengontrol pada tiap tahapan opeerasi mulai dari
tahapan input proses hingga output. Semua tahapan proses operasi pada CV.Andhini
tersebut diawasi secara penuh oleh perusahaan. Mulai dari persiapan pekerjaan
sampai dengan finishing, Penyimpangan yang terjadi pada kegiatan operasi
CV.Andhini rata–rata 4%. Faktor sosialisasi adalah hal terpenting dalam menghadapi
resiko komplai. ketelitian kerja adalah hal yang haus dilakukan. Namun dari total
operasi yang dilakukan kegiatan yang dilakukan CV. Andhini cukup baik,
Pengendalian kegiatan operasi CVAndhini dilakukan secara intensif oleh direktur dan
ahli tehnik lapangan terhadap tenaga kerja lapangan. agar layanan operasi yang di
lakukan menghasilkan jasa berkualitas selesai dengan baik, tepat waktu dan kepuasan
konsumen dapat dirasakan