ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN KARTU PERDANA FLEXI CLASSY PADA PT. TELKOM,TBK JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul ”Analisis SWOT untuk Menentukan Strategi
Pemasaran Kartu Perdana Flexi Classy pada PT. Telkom,Tbk Jember” ini akan
membahas masalah pemilihan strategi pemasaran, dengan berdasarkan data yang
di peroleh dari perusahaan. Strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk
mendukung kegiatan pemasaran guna mencapai tujuan perusahaan, yaitu mencari
laba dan memberikan kepuasan kepada konsumen, tujuan penelitian ini adalah
untuk menentukan strategi pemasaran pada PT. Telkom Tbk, Jember.
Untuk menentukan strategi pemasaran pada perusahaan di gunakan
metode analisis SWOT yaitu dengan menetukan faktor strategis perusahaan yang
kemudian diolah ke dalam tabel IFAS dan EFAS. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh pelanggan kartu perdana Flexi Classy periode Tahun 2007
sedangkan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability
sampling yaitu purposive sampling. Data diperolah dari hasil penyebaran
kuisioner kepada 100 responden yang terdiri dari pelanggan internal perusahaan
dan pelanggan eksternal perusahaan. Hasil pengolahan data faktor strategis
perusahaan dipakai sebagai acuan untuk menetukan strategi pemasaran secara
global dengan IE Matriks dan alternatif strategi pemasaran dengan Matriks SWOT
yamg kemudian akan di pilih strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan.
Rancangan penelitian menggunakan metode deskriptif, data dari
perusahaan yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan Internal
Strategy Factor Analysis Summary (IFAS) dan Eksternal Strategy Factor Analysis
Summary (EFAS). Data yang diperoleh dari IFAS dan EFAS tersebut digunakan
untuk menentukan posisi kuadran perusahaan. Setelah di tentukan posisi kuadran
perusahaan, kemudian digunakan analisis SWOT sehingga dapat ditentukan
kebijakan dan strategi yang harus dilakukan oleh PT. Telkom Tbk, Jember.
Berdasarkan hasil pengolahan data yaitu IE Matriks yang mengacu pada
perhitungan tabel IFAS dan EFAS menunjukkan PT. Telkom Tbk, Jember berada
pada kuadran I yang berarti perusahaan berada pada posisi strategi konsentrasi
integrasi vertikal, hal ini merupakan strategi utama untuk perusahaan yang
memiliki posisi kompetitif pasar yang kuat dalam industri yang berdaya tarik
tinggi.
Berdasarkan kesimpulan yang ada maka saran yang bermanfaat dan
sebagai bahan pertimbangan serta masukan bagi pihak manajemen pada PT.
Telkom Tbk, Jember adalah melakukan perbaikan jaringan, melakukan promosi
secara kontinyu (terus-menerus) dan melakukan perluasan pasar. Selain itu
kiranya perusahaan dapat mengeluarkan kebijakan yang dapat di terima oleh
pelanggan sehingga pelanggan dapat loyal menggunakan produk.