• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS TINGKAT KOGNITIF PERTANYAAN PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    gdlhub 1 (155)_1.pdf (158.8Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Ellisia Kumalasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Tingkat Kognitif Pertanyaan Pada Buku Teks Matematika Kelas VII Pokok Bahasan Bilangan Bulat Berdasarkan Taksonomi Bloom, Ellisia Kumalasari, 040210101298, 44 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Salah satu sarana yang sangat penting dalam proses belajar mengajar adalah sumber belajar yaitu buku teks. Tingkat kesulitan pertanyaan pada latihan soal yang terdapat dalam buku teks perlu disesuaikan dengan tingkat kognitif pembacanya. Hal ini sejalan dengan pendapat Britton yang menyatakan bahwa penyajian buku teks matematika akan efektif jika disesuaikan dengan pemrosesan (tingkat) kognitif pembacanya. Soal-soal latihan yang terdapat dalam buku teks matematika umumnya belum terklasifikasi tingkat kognitifnya sehingga mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Berdasarkan uraian di atas maka akan diadakan penelitian mengenai pengklasifikasian tingkat kognitif pertanyaan pada soal yang termuat dalam buku teks matematika, utamanya buku teks matematika SMP kelas VII yang merupakan hasil pengadaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang sering dipakai di banyak sekolah, yaitu Tiga Serangkai dan Erlangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase tingkat kognitif pertanyaan yang ada pada buku teks matematika SMP kelas VII berdasarkan Taksonomi Bloom. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku matematika SMP kelas VII yang dipakai di banyak sekolah, yaitu buku berjudul Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya, yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai, disusun oleh Ponco Sujatmiko dan dicetak pada tahun 2005 dan buku yang berjudul Matematika 1A, disusun oleh M. Cholik Adinawan dan Sugijono yang dicetak pada tahun 2007. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif pertanyaan yang terdapat pada latihan soal viii berdasarkan Taksonomi Bloom. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data berupa analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pada buku teks matematika SMP terbitan Tiga Serangkai, persentase tingkat kognitif dari 63 soal yang memuat 218 pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom adalah 28,5% aspek pengetahuan (C1) yang terbagi atas 11,5% (C1-1); 17% (C1-2); dan 0% (C1-3); 62,4% aspek pemahaman (C2) yang terbagi atas 2,8 % (C2-1); 20,2% (C2-2); dan 39,4% (C2-3); 7,3% aspek aplikasi (C3); 1,4% aspek analisis (C4); dan 0,4% untuk aspek sintesis (C5) dan 0% untuk aspek evaluasi (C6). Sedangkan pada buku teks matematika SMP terbitan Erlangga, persentase tingkat kognitif dari 125 soal yang memuat 315 pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom adalah 26% aspek pengetahuan (C1) yang terbagi atas 20,9% (C1-1); 5,1% (C1-2); dan 0% (C1-3); 67% aspek pemahaman (C2) yang terbagi atas 7,3% (C2-1); 8,3% (C2-2); dan 51,4% (C2- 3); 3,2% aspek aplikasi (C3); 3,8% aspek analisis (C4); 0% untuk aspek sintesis (C5) dan aspek evaluasi (C6).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21178
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail