Show simple item record

dc.contributor.authorLukito Hariono
dc.date.accessioned2014-01-22T06:52:07Z
dc.date.available2014-01-22T06:52:07Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM090210204170
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21167
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih kurang bervariasi, pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana belajar masih kurang, dan strategi pembelajarannya tidak disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam melalui penerapan pendekatan problem-based instruction di SDN Kemuning Lor 04 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan problem-based instruction pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kemuning Lor 04 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 10 Januari 2012 sampai tanggal 19 Januari 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, tes akhir siklus II, dan analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Hasil analisis aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember selama proses pembelajaran melalui pendekatan problem-based instruction secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 83,11 % dan 92,88 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember selama proses pembelajaran melaui pendekatan problem-based instruction sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan (prasiklus). Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 40% menjadi 84% pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 44%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 92% yang menunjukkan peningkatan sebesar 8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan problem-based instruction dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Dengan adanya peningkatan pada aktivitas belajar siswa, maka hasil belajar IPA siswa kelas IV pun meningkat. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat diajukan saran yaitu pendekatan problem-based instruction dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204170;
dc.subjectROBLEM- BASED INSTRUCTIONen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM- BASED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN KEMUNING LOR 04 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record