• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS I DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEBAK KATA POKOK BAHASAN BENDA DI SEKITAR KITA SDN 1 SAMBIREJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    gdlhub 1 (152)_1.pdf (163.1Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Ella Oktarina Dwi Purnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa pengajaran guru masih menekankan pada konsep-konsep yang terdapat di dalam buku, dan juga belum memanfaatkan pendekatan lingkungan dalam pembelajaran secara maksimal. Pembelajaran IPA tersebut menyebabkan 65,71 % siswa tidak dapat mengerti dan memahami penjelasan guru sehingga tidak ada respon dari siswa mengenai materi yang diajarkan. Guru selalu mendominasi dalam kegiatan belajar mengajar, sebagai hasilnya siswa sekedar memperoleh informasi dan kemudian menghafalnya, hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA siswa khususnya siswa kelas 1 pada pokok bahasan benda di sekitar kita. Oleh karena itu guru menggunakan model tebak kata untuk mengatasi masalah tersebut. Model tebak kata merupakan model pembelajaran yang menggunakan kartu ukuran 10 x 10 cm dan diisi ciri-ciri kata lainnya yang mengarah pada jawaban, yang kedua kartu ukuran 5 x 2 cm untuk menulis kata/istilah yang mau ditebak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model tebak kata pada pokok bahasan benda di sekitar kita kelas I semester genap SDN 1 Sambirejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model tebak kata pada pokok bahasan benda di sekitar kita kelas I semester genap SDN 1 Sambirejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam viii pembelajaran IPA dengan menggunakan model tebak kata pada pokok bahasan benda di sekitar kita kelas I semester genap SDN 1 Sambirejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model tebak kata pada pokok bahasan benda di sekitar kita kelas I semester genap SDN 1 Sambirejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN 1 Sambirejo Banyuwangi yang terdiri dari 23 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 11 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN 1 Sambirejo Banyuwangi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 47,46% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 70,29% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 61,74% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 56,52%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 71,30%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,96% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN 1 Sambirejo Banyuwangi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan benda di sekitar kita. Peningkatan persentase aktivitas dari siswa pada siklus I sebesar 47,46% dan siklus II sebesar 70,29, sehingga mengalami peningkatan sebesar 22,83%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,56% dan ketuntasannya sebesar 30,44%. Oleh karena itu penelitian di SDN 1 Sambirejo Banyuwangi tuntas. Saran atas penelitian ini, guru hendaknya mengembangkan model tebak kata pada pokok bahasan selanjutnya dan mengurangi pembelajaran yang bersifat konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21166
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail