PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASIKAN PUISI MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF PADA SISWA KELAS VI SDN 2 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Apresiasi sastra adalah kegiatan menggauli karya sastra dengan sungguhsungguh
hingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan
kepekaan yang baik terhadap sastra”. Dari pengertian ini sudah jelas bahwa
pembelajaran sastra khususnya puisi untuk membangun kompetensi dalam
berapresiasi puisi dalam bentuk tulisan maupun lisan. Hasil orientasi dilapangan kelas
VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi pada umumnya siswa masih mendengarkan
penjelasan guru sambil bergurau sehingga aktivitas pembelajaran tidak berlangsung
dengan baik dan ada beberapa siswa yang masih malu dan kurang percaya diri dalam
mengapresiasikan puisi khususnya membaca puisi.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dalam
hal mengapresiasikan puisi yaitu dengan menerapkan pendekatan integratif misalkan
guru membuat pola denah tempat duduk yang nyaman disaat guru menjelaskan materi
supaya selama proses pembelajaran siswa menperhatikan penjelasan guru, perlunya
ada sedikit penyegaran dan motivasi agar siswa mau mengikuti kegiatan
pembelajaran sampai akhir dengan menyelipkan lagu disaat pembelajaran, guru harus
lebih jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran