• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS MANAJEMEN KESAN PENGGUNA FACEBOOK (Studi terhadap Mahasiswa Universitas Jember) IMPRESSION MANAGEMENT ANALYSIS OF FACEBOOK USER (The Study of Student Jember University)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (136)_1.pdf (461.1Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Elis Alfiyah Wardhani NIM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Manajemen Kesan Pengguna Facebook. Elis Alfiyah Wardhani: 080910302048; 122 halaman; Program Studi Sosiologi; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Universitas Jember. Fenomena penggunaan facebook di Indonesia menyebar luas di berbagai wilayah seperti di Kota Jember. Kota ini juga didukung oleh keberadaan fasilitas pendidikan seperti perguruan tinggi negeri yang salah satunya yaitu Universitas Jember. Facebook telah menjadi tren di kalangan muda khususnya mahasiswa. Keunikan jejaring sosial facebook sebagai sarana interaksi sosial memberikan kesempatan yang luas untuk memaksimalkan tujuan berinteraksi dengan orang lain maupun melakukan pengembangan diri. Facebook bagi kalangan muda bukan hanya digunakan untuk menjalin pertemanan, tetapi dalam perkembangannya membuat sebagian dari mereka mengekspresikan diri dan menjadikan facebook sebagai ajang tebar pesona, tempat curhat, yang mengarahkan pada kesan-kesan tertentu yang ingin ditampilkan. Facebook menjadi sarana untuk melakukan manajemen kesan dalam facebook. Penelitian ini bermaksud mengungkap manajemen kesan yang dilakukan oleh pengguna facebook. Penelitian ini menggunakan teori manajemen kesan Erving Goffman untuk menganalisis tentang individu yang secara sadar maupun tidak, dalam proses interaksi dengan orang lain individu mempunyai tujuan tertentu yaitu menciptakan suatu kesan tertentu yang dapat menambah citra positif tentang dirinya. Manajemen kesan tidak lepas dari atribut yang digunakan melalui appearance atau penampilan, manner atau gaya, dan setting. Individu senantiasa berusaha mengontrol tentang apa yang orang lain pikirkan mengenai dirinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan obeservasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesan yang dilakukan pengguna facebook melalui penampilan baik foto maupun update status disesuaikan dengan situasi lingkungannya yaitu audience. Dalam melakukan manajemen kesan tersebut, seorang individu harus mempersiapkan viii kelengkapan pertunjukkan melalui appearance atau penampilan meliputi barangbarang yang selalu mendukung dalam penampilan seseorang seperti pakaian, make up, asesoris, tas, laptop. Manner atau gaya yang biasanya nampak melalui ekspresi yang telah sengaja dikelola untuk meyakinkan kepada audience dengan menunjukkan ekspresi senyum, tatapan mata, sikap atau gaya tangan yang mampu memberikan dan membentuk kesan. Serta setting yang menjadi penting karena mendefisikan situasi tempat yang mendukung kesan seperti lokasi kampus, tempat wisata, dan tempat olahraga. Atribut yang digunakan dalam manajemen kesan tersebut membentuk kesan yang diinginkan oleh pengguna facebook yaitu kesan sebagai mahasiswa dalam penampilannya memakai jas almamater ketika berada di kampus, kesan sebagai orang yang berpasangan selalu memperlihatkan baju yang memiliki warna yang sama atau couple di tempat yang romantis, kesan sebagai orang yang menyukai aktivitas travelling melakukan manajemen kesan dengan pakaian yang terlihat santai dan tas yang menjadi ciri khas di lokasi wisata. Kesan terlihat cantik mengelola kesan dengan make up dan gaya yang ditunjukkan dengan senyuman maupun gaya memicingkan mata yang biasanya digunakan untuk meyakinkan kesan cantik. Kesan terlihat gaul melalui gaya bertutur kata maupun gaya bahasa yang digunakan untuk mengelola kesannya agar terlihat lebih gaul dengan penggunaan Bahasa Inggris. Serta kesan orang yang menyukai aktivitas olahraga melakukan manajemen kesan melalui appearance atau penampilan berupa pakaian olahraga agar terlihat sporty. Pada dasarnya pengguna facebook selalu melakukan manajemen kesan agar terlihat positif di hadapan orang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21142
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository