Penggunaan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Studi kasus pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lumajang pada standar kompetensi dasar mengenal pasar modal Tahun Ajaran 2011-2012
Abstract
Kegiatan belajar mengajar yang terjadi di sekolah tidak hanya dilakukan oleh
satu pihak, tetapi juga didukung oleh beberapa komponen yang saling terkait. Suatu
proses belajar mengajar terdapat dua unsur yang amat penting adalah metode
mengajar dan media pembelajaran, media yang tidak bervariasi akan berdampak pada
rendahnya motivasi belajar. Agar siswa memiliki motivasi yang lebih baik, guru
harus selektif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
mata pelajaran ekonomi. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran ekonomi pada Standart kompetensi mengenal Pasar
Modal dalam bidang ekonomi adalah media CD interaktif, dengan media ini
daharapkan siswa lebih memahami standart kompetensi pasar Modal yang merupakan
materi yang banyak terdapat istilah- istilah yang asing di dengar oleh siswa. Tujuan
dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar Ekonomi materi pasar modal
dalam bidang ekonomi pada siswa kelas X1 IPS 2 SMA Negeri 1 Lumajang melalui
media CD interaktif tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan
observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive,
yaitu pada kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Lumajang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media CD interaktif dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lumajang pada
mata pelajaran ekonomi standart kompetensi mengenal pasar modal dalam bidang
ekonomi tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan motivasi belajar sebelum
tindakan,ditunjukan dengan siswa memiliki skor 2,46 dengan kategori rendah, namun
setelah diterapkan tindakan pada siklus I skor meningkat menjadi 3,22 dengan
kategori sedang dan pada siklus II motivasi belajar siswa memiliki skor 3,78 dengan
kategori tinggi. Jika pada siklus I siswa masih mulai mengenal motivasi baru yang
ditawarkan yakni siswa menyadari membutuhkan adanya inovasi dalam
pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media CD
interaktif ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari yang sebelumnya
rendah menjadi motivasi belajar tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, maka dapat
disimpulkan bahwa dengan media CD Interaktif ini pada mata pelajaran ekonomi di
kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lumajang dapat berjalan dengan baik, siswa terlihat senang
dan motivasi belajar siswa dapat meningkat menjadi tinggi maka berdasarkan hasil
penelitian tentang penerapan media CD Interaktif pada standart kompetensi mengenal
Pasar Modal dikelas XI IPS 2 SMAN 1 Lumajang, maka peneliti menyarankan
kepada pembaca, dan merekomendasikan kepada guru bidang studi ekonomi bahwa
media CD Interaktif dapat dijadikan alternatif pilihan dalam proses pembelajaran di
kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.