PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI SDN 1 TAMPO BANYUWANGI
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran
wajib yang diberikan pada semua jenjang pendidikan, sebagaimana yang tertuang
dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Tetapi pada kenyataannya pentingya pendidikan PKn belum disadari
sepenuhnya oleh banyak pihak. Adanya anggapan tersebut, mempengaruhi proses
pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Banyak pihak yang mengganggap
bahwa pendidikan PKn hanya mata pelajaran wajib yang menekankan pada
konsep-konsep menghafal saja, sehingga internalisasi nilai yang menjadi ciri
dalam mata pelajaran PKn tidak sepenuhnya tertanam di dalam diri siswa. Hal ini
pula yang terjadi di SDN 1 Tampo Banyuwangi. Berdasarkan hasil wawancara
dan observasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran PKn di sekolah tersebut diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar
siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru mendominasi pelajaran dan tidak
adanya media pembelajaran yang digunakan sehingga aktivitas belajar siswa
rendah. Aktivitas belajar siswa yang rendah tersebut menyebabkan hasil belajar
siswa pun belum optimal.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakan penelitian dengan
rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV melalui penerapan strategi belajar peta konsep dan media gambar
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di SDN 1 Tampo
Banyuwangi.