Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Pekerjaan di Masyarakat Pada siswa kelas III SDN Rowotengah 02 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2010/2011
Abstract
Motivasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada
hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode mengajar
guru yang kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata oelajaran
IPS pokok bahasan Pekerjaan di Masyrakat melalui penerapan metode inquiry.
Penelitian ini dilakukan di SDN Rowotengah 02 Sumberbaru Jember.
Penentuan subyek penelitian metode populasi, yaitu di kelas III dengan jumlah siswa
sebanyak 25 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas III dan guru kelas
III, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas III. Desain yang dipakai dalam
Penelitian Tindakan Kelas ini adalah modifikasi dari Kemmis dan Taggart: 1998
dalam Sukidin (2002:49) yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action),
pengamatan (observasi), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa
data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan skor rata-rata motivasi belajar
siswa sebesar 2,25 dengan kriteria rendah, sedang hasil belajar siswa menunjukkan
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 24%. Pada siklus I, motivasi belajar siswa
meningkat menjadi 2,88 dengan kriteria sedang, dan hasil belajar siswa meningkat
viii
dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 68%. Pada siklus II, motivasi dan hasil
belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar
3,44 dengan kriteria tinngi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil
belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar
84%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tindakan kelas menggunakan
metode inquiry adalah sebagai berikut :
1. Adanya peningkatan motivasi belajar IPS pokok bahasan Pekerjaan di
Masyarakat pada siswa kelas 3 SDN Rowotengah 02 Sumberbaru Jember Tahun
Pelajaran 2010/2011. Indikatornya dapat diketahui pada pencapaian skor ratarata
motivasi belajar siklus I sebesar 2,88 dan Siklus II sebesar 3,44 (kategori
motivasi belajar tinggi)
2. Adanya peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan Pekerjaan di Masyarakat
pada siswa kelas 3 SDN Rowotengah 02 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran
2010/2011. Indikatornya dapat diketahui pada pencapaian skor rata-rata hasil
belajar siklus I sebesar 68% dan Siklus II sebesar 84% (tuntas