• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR KALIMAT DEKLARATIF SISWA KELAS XI SMA KATOLIK SANTO PAULUS JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    AB (123)a_1.pdf (442.7Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Dyah Kirana N
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di dalam dunia pendidikan, mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan penunjang bagi keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar bidang studi lainnya. Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi empat aspek keterampilan, yaitu: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat keterampilan tersebut, keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan yang bersifat pasif reseptif. Salah satu komponen bahasa yang dipelajari di dalam kegiatan membaca yaitu analisis struktur kalimat. Pemahaman struktur kalimat sangat diperlukan oleh siswa untuk menunjang kemampuan menulis dan berbicara. Pada hakikatnya, kemampuan siswa dalam menganalisis struktur kalimat dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu kemampuan dalam menganalisis struktur kalimat berdasarkan unsur fungsional dan unsur kategorial. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas XI SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun ajaran 2009/2010 dalam menganalisis struktur kalimat deklaratif. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan siswa kelas XI SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun ajaran 2009/2010 dalam menganalisis struktur kalimat berdasarkan unsur fungsional kalimat; (2) kemampuan siswa kelas XI SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun ajaran 2009/2010 dalam menganalisis struktur kalimat berdasarkan unsur kategorial kata atau frasa; dan (3) faktor yang melatarbelakangi kemampuan siswa kelas XI SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun ajaran 2009/2010 dalam menganalisis struktur kalimat deklaratif. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 32 orang dengan perincian 16 laki-laki dan 16 perempuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampel. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua tahap. Penelitian tahap I dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2010. Penelitian tahap II dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2010. Penelitian dilaksanakan di SMA Katolik Santo Paulus, Jalan Trunojoyo 22C Jember. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, observasi, dan wawancara. Analisis data memanfaatkan gabungan antara metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menghitung skor dari jawaban responden sedangkan analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa kelas XI SMA Katolik Santo Paulus dalam menganalisis struktur kalimat deklaratif, baik berdasarkan unsur fungsional maupun unsur kategorial tergolong pada kategori kurang mampu. Evaluasi hasil belajar menunjukkan bahwa mayoritas nilai siswa berada di rentangan skor antara 40-55. Faktor utama yang menyebabkan siswa kurang mampu dalam menganalisis struktur kalimat yaitu berasal dari faktor internal dan faktor eksternal belajar. Faktor internal belajar berkaitan dengan rendahnya motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Faktor eksternal belajar ini berkaitan dengan sistem pembelajaran. Di SMA Katolik Santo Paulus, sistem pembelajarannya lebih mengedepankan kemampuan komunikatif daripada pengetahuan gramatikal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Katolik Santo Paulus Jember kurang mampu dalam menganalisis struktur kalimat deklaratif. Ketidakmampuan siswa tersebut karena dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal belajar. Sesungguhnya, pemahaman struktur kalimat sangat diperlukan oleh siswa untuk memperlancar kemampuan berbahasa baik secara tertulis maupun lisan. Oleh karena itu, penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan cara melakukan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan memberikan materi pelajaran tata bahasa yang mencakup materi analisis struktur kalimat berdasarkan unsur fungsional dan unsur kategorial kata/frasa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21106
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository