dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebagian siswa yang mengalami
kesulitan dalam belajar matematika dan merasa bahwa materi yang diterima di
sekolah belum cukup berusaha untuk meningkatkan hasil belajarnya dengan
mengikuti bimbingan belajar pada lembaga pendidikan non formal di luar jam
sekolah. Salah satu dari pendidikan non formal adalah Lembaga Bimbingan Belajar
(LBB). Tidak setiap siswa yang mengikuti bimbingan belajar di LBB akan
mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Ada juga siswa yang mengikuti
bimbingan belajar justru membuat prestasi di sekolahnya menurun. Hal ini
disebabkan karena ketidak seriusan dalam mengikuti bimbingan belajar atau siswa
justru merasa terbebani dengan mengikuti bimbingan belajar sehingga kurang mampu
mengatur waktunya dengan baik. Oleh karena itu, kontribusi keikutsertaan siswa
dalam bimbingan belajar di LBB terhadap hasil belajar matematika siswa masih perlu
dipertanyakan. Keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar di LBB dalam
penelitian ini dilihat dari dua aspek yaitu minat dan aktivitas belajar siswa dalam
bimbingan belajar di LBB. Bila minat siswa terhadap bimbingan belajar di LBB
kurang, maka siswa akan sulit menyerap materi yang diberikan. Serta diperlukan
adanya aktivitas belajar yang baik agar proses belajar dapat berlangsung optimal.
Daerah penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah SMPN 3 Jember.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab permasalahan
dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi, angket dan wawancara.
Untuk menganalisis data digunakan analisis regresi linear berganda, untuk menguji persamaan regresi yang didapat dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas,
autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedasitas.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ada hubungan antara keikutsertaan
siswa dalam bimbingan belajar di LBB yang meliputi minat siswa terhadap
bimbingan belajar di LBB dan aktivitas belajar dalam bimbingan belajar di LBB
dengan hasil belajar matematika siswa. Minat siswa terhadap bimbingan belajar di
LBB berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang
ditunjukkan oleh nilai uji statistik t
viii
hitung
yang lebih besar dari t
tabel
yaitu 1,782 dan
ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar dalam bimbingan belajar di
LBB terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan uji t sebesar
2,488. Sedangkan dari hasil uji F didapat bahwa ada pengaruh bersama antara minat
siswa terhadap bimbingan belajar di LBB dan aktivitas belajar dalam bimbingan
belajar di LBB terhadap hasil belajar matematika dengan nilai uji F sebesar 11,939,
dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,399 yang berarti bahwa minat siswa
terhadap bimbingan belajar di LBB dan aktivitas belajar dalam bimbingan belajar di
LBB mempengaruhi hasil belajar matematika siswa sebesar 39,9% sedangkan 60,1%
dipengaruhi oleh faktor lain seperti keadaan fisik, lingkungan keluarga, lingkungan
sekolah, lingkungan masyarakat, fasilitas belajar, dsb. | en_US |