• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS METODE PERT UNTUK PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL GEMPOL–PANDAAN OLEH PT. ADHI KARYA

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (348)_1.pdf (167.3Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Yuni Purwanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proyek merupakan kegiatan yang kompleks. Proyek memiliki tiga batasan yaitu waktu, biaya, dan mutu. Suatu proyek harus diselesaikan dengan biaya yang tidak boleh melebihi anggaran, harus sesuai dengan mutu yang direncanakan, serta harus selesai pada jangka waktu yang telah ditentukan. Jika suatu proyek tidak dapat selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan, maka pelaksana proyek dapat dikenai denda atas keterlambatan penyelesaian proyek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu yang paling efektif, biaya proyek, serta probabilitas penyelesaian proyek pembangunan jalan tol Gempol – Pandaan dan membandingkan antara pelaksanaan di lapangan dengan perhitungan menggunakan metode PERT (Program Evaluation and Review Technique). Penelitian ini termasuk penelitian action research dimana peneliti mendeskripsikan, menginterpretasi, dan menjelaskan suatu situasi dengan melakukan perubahan dengan tujuan perbaikan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data tersebut diperoleh dengan melakukan wawancara dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah metode PERT (Program Evaluation and Review Technique) dengan alasan bahwa tingkat ketidakpastian sangat besar dan perencanaan waktu jauh lebih penting dari perencanaan biaya. Berdasarkan analisis Network Planning dengan menggunakan metode PERT didapatkan efektivitas waktu penyelesaian proyek namun tidak ada perbedaan biaya. Dimana waktu normal penyelesaian proyek adalah selama 412 hari dengan biaya sebesar Rp. 253.146.569.000,00 sedangkan dengan menggunakan metode PERT proyek dapat diselesaikan selama 402 hari dengan biaya yang sama yaitu sebesar Rp. 253.146.569.000,00. Dengan menggunakan metode PERT, dihasilkan probabilitas sebesar 79,67% dalam menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol Gempol – Pandaan jika waktu pengerjaan proyek selama 412 hari atau jika proyek tidak menggunakan analisis PERT. Dengan demikian metode Network Planning dengan menggunakan metode PERT dapat mempersingkat waktu pengerjaan proyek sehingga proyek jalan tol Gempol – Pandaan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien serta dapat mencapai hasil yang optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21076
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12396]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository