dc.description.abstract | Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) adalah program bantuan
pemerintah dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan
masyarakat miskin atau kurang mampu. Dalam kegiatan pelayanannya pasien
Jamkesmas tidak dipungut biaya. Yang perlu diperhatikan apakah mereka (pasien
Jamkesmas) sudah mendapatkan pelayanan yang baik atau sebaliknya. Karena dalam
pelaksanaan pelayanannya, diperoleh informasi dari media cetak atau elektronik
bahwa tidak jarang ada ada pasien pengguna Jamkesmas mengeluh karena merasa
dianak-tirikan pelayanannya oleh rumah sakit atau puskesmas.
Permasalahan pada Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember adalah selain
jumlah kunjungan pasien Jamkesmas yang sedikit mengingat jumlah penerima relatif
banyak, terdapat pula keluhan langsung dari pasien Jamkesmas tentang sarana
prasarana dan pemungutan biaya. Tujuan penelitian mengetahui tingkat kepuasan
pasien Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan pada unit rawat jalan di Puskesmas
Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember.
Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi di Puskesmas Pakusari
Jalan PB. Sudirman No. 87 Pakusari-Jember pada bulan Mei 2011. Populasi adalah
pasien Jamkesmas dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 30
orang. Data primer berupa wawancara, kuisioner dan informasi lisan dari pihak
Puskesmas. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi data, UU, Surat
Keputusan, dan buku sebagai literartur. Sumber data berasal dari pasien Jamkesmas,Bu Esti (Administrasi Data), serta bidan dan perawat.
Metode penelitian menggunakan rumus Skala Likert yang kemudian
dioperasionalisasikan pada rumus Servqual. Rumus nilai servqual terdiri dari 5
dimensi, yaitu Bukti Langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap
(Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empaty).
Hasil penelitian menggunakan rumus servqual menunjukkan angka negatif
dengan skor -3,44 yang artinya kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan
kesehatan pada unit rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember
dikatakan tidak puas. Artinya harapan pasien pada layanan tersebut masih jauh
dengan apa yang diharapkan. | en_US |