ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN JASA ASURANSI JIWA PADA PT. (Persero) ASURANSI JIWASRAYA JEMBER
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi keputusan konsumen dan factor paling dominan dalam pembelian
jasa Asuransi Jiwa PT.(Persero) Asuransi Jiwasraya Jember. Penelitian ini
merubah exploratory research yang dilakukan dengan metode survai. Metode
pengambilan sampel menggunakan Proporsional Random Sampling yang mana
ditentukan terlebih dahulu beberapa kriteria untuk menjaring responden yang
benar-benar memenuhi syarat data dikumpulkan berdasarkan jawaban responden
yang berasal dari daftar pertanyaan (kuesioner) yang diajukan.
Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi
linier berganda, Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat empat faktor yaitu
faktor sosial dan psikologi, faktor gaya hidup dan status sosial, faktor kebudayaan
dan keadaan ekonomi, serta faktor pribadi . Berdasarkan hasil analisis regresi
linier berganda dan uji t menunjukkan bahwa faktor kebudayaan dan keadaan
ekonomi merupakan faktor paling dominan yang memengaruhi keputusan
konsumen dalam pembelian jasa Asuransi Jiwasraya Jember.