Show simple item record

dc.contributor.authorZainul Bashori
dc.date.accessioned2014-01-22T05:39:47Z
dc.date.available2014-01-22T05:39:47Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20983
dc.description.abstractPembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala, diantaranya adalah model pembelajaran yang kurang cocok, penggunaan media yang kurang tepat, kondisi kelas yang selalu pasif, termasuk juga kurangnya guru memperhatikan keadaan dan minat siswa dalam kelas. Dalam proses pembelajaran diperlukan suasana kelas yang menyenangkan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa memegang peranan penting untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 5 Desember 2007 di kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2007/2008, ditemukan motivasi belajar siswa yang masih rendah dengan skor motivasi rata-rata sebesar 2,5. Hasil ulangan harian fisika menunjukkan bahwa 27 siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa kelas VIII B sebanyak 42 siswa, artinya ada sekitar 64,3% siswa yang tuntas belajar. Hal ini masih belum memenuhi standar ketuntasan hasil belajar fisika yang telah ditetapkan di SMP Negeri 12 Jember yaitu sebesar 80%. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan Penelitian Tindakan Kelas melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Disertai Metode Eksperimen dan Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember. Model Quantum Teaching memberikan suasana belajar yang menyenangkan tanpa mengendurkan tingkat konsentrasi siswa. Selain itu, model tersebut juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan model Quantum Teaching disertai metode eksperimen dan diskusi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan skor rata-rata motivasi belajar dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini didapatkan skor motivasi rata-rata siswa sebesar 3,48 yang termasuk kategori tinggi dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 93%, persentase tersebut menunjukkan ≥ 80% yang berarti kelas VIII B sudah mencapai standar ketuntasan hasil belajar. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching disertai metode eksperimen dan diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari kategori rendah menjadi tinggi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember melalui penataan lingkungan yang mendukung (pemasangan poster ikon, menghadirkan aroma, mengubah pengaturan bangku, dan menghadirkan musik) dan penerapan kerangka pembelajaran model Quantum Teaching yang berupa tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries20210102180;
dc.subjectQUANTUM TEACHINGen_US
dc.titleMENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII B SMPN 12 JEMBER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN EKSPERIMEN DAN DISKUSI (Tahun Ajaran 2007/2008 Pada Pembelajaran Materi Cahaya)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record