PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MENURUT POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Soal cerita matematika merupakan soal yang diungkapkan dalam bentuk
cerita yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, menarik perhatian, dan
memuat kesukaran bahasa dan pemikiran, namun masih dalam jangkauan siswa
Penelitian bertempat di kelas VB SDN Kebonsari 1 dengan jumlah siswa
yaitu 43 siswa, 23 laki-laki dan 20 perempuan. Data yang dikumpulkan diperoleh
dengan cara dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
dengan menerapkan pendekatan problem solving menurut Polya yang dahului dengan
tindakan pendahuluan. Siklus I berlangsung atas dasar hasil diagnostik dan refleksi
yang diperoleh dari tindakan pendahuluan. Siklus II didasarkan atas hasil diagnostik
dan refleksi yang diperoleh dari siklus I. Siklus II dilaksanakan dengan tujuan
perbaikan atau tujuan pemantapan. Jika terdapat materi yang dianggap belum tuntas
pada siklus I, siklus II dilaksanakan dengan tujuan perbaikan. Jika materi pada siklus
I telah dianggap tuntas, siklus II tetap dilaksanakan dengan tujuan pemantapan.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4167]