• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Keselamatan Jalan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Kota Jember

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (150)x_1.pdf (214.8Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Hendro Supriyono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penetapan beberapa ruas jalan sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Kota Jember diharapkan dapat menekan jumlah kecelakaan yang terjadi di Kota Jember, namun data kecelakaan Satlantas Polres Jember menyebutkan ±28% kecelakaan di Kota Jember justru terjadi di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Kota Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas program penanganan kecelakaan dalam menekan tingkat kecelakaan di ruas jalan yang paling rawan kecelakaan (blacksite) KTL Kota Jember. Hasil analisis angka kecelakaan selama kurun tahun 2006-2009 menunjukkan bahwa ruas jalan paling rawan kecelakaan (Blacksite) di KTL Kota Jember terletak pada ruas jalan Gajahmada. Efektifitas penanganan kecelakaan di ruas jalan Gajahmada memberikan hasil maksimal pada periode saat penanganan (2008) dan sesudah penanganan (2009). Hasil uji chi-square saat penanganan (2008) dan sesudah penanganan (2009) didapat nilai chi-kuadrat hitung ( 2 hitung) sebesar 5,20 sedangkan nilai chi-kuadrat tabel ( 2 tabel) didapatkan nilai 3,84146 dengan derajat kebebasan (db) adalah 1 dan tingkat konfidensi 95% ( =5%) yang berarti berada pada interprestasi dapat diterima. Mengingat nilai chi-kuadrat hitung ( 2 hitung) lebih besar dari nilai chi-kuadrat ( 2 tabel) maka terdapat penurunan jumlah kecelakaan yang berarti di ruas jalan Gajahmada (Blacksite) pada saat penanganan dan sesudah penanganan. Dari uji-K saat dan sesudah penanganan didapatkan nilai K=0,44 yang berarti terdapat penurunan kecelakaan yang nyata (0,44<1) dengan efektifitas penanganan 56%. Dengan demikian penanganan kecelakaan di ruas jalan Gajahmada (Blacksite) cukup efektif dalam menekan tingkat kecelakaan di ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan analisa Chi-square dan uji-K penanganan kecelakaan di ruas jalan Sultan viii agung belum berhasil, hal ini ditandai adanya peningkatan kecelakaan periode saat dan sesudah penanganan yang signfikan sebesar 191%. Berdasarkan hasil perhitungan analisa Chi-square dan uji-K penanganan kecelakaan di ruas jalan Ahmad Yani, PB Sudirman, dan trunojoyo belum sepenuhnya berhasil, hal ini ditandai tidak adanya perbedaan yang berarti antara kecelakaan pada periode sebelum, saat dan sesudah penanganan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20948
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository