PENGARUH PENERAPAN TEAM TEACHING DENGAN SETTING KOOPERATIF TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 PUJER
Abstract
Hasil belajar yang diperoleh siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Salah satu diantaranya yaitu kemampuan guru dalam memilih strategi, model dan
metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai,
sehingga dapat mengoptimalkan prestasi hasil belajar siswa. Agar hasil belajar siswa
yang dicapai bisa maksimal diperlukan cara-cara tertentu untuk mengaktifkan siswa
dalam belajar, salah satunya yaitu dengan menerapkan team teaching dengan setting
kooperatif pada pembelajaran.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan team teaching akan dapat
membantu para siswa untuk mendengarkan pendapat-pendapat orang lain. Para siswa
secara individu dapat membangun kepercayaan diri terhadap kemampuannya untuk
menyelesaikan masalah-masalah matematika. Penerapan team teaching dengan
setting kooperatif akan memudahkan guru dalam mengatur kondisi kelas dan
membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam belajar karena pembagian
tugas untuk membimbing kelompok sudah diatur dan disusun secara bersama-sama.
Dengan sistem pembelajaran ini, siswa yang mempunyai permasalahan-permasalahan
dalam pembelajaran tidak hanya dibantu oleh teman dalam kelompok tapi juga guruguru
dalam
tim.
Selaian
itu,
Penerapan
team
teaching
dengan
setting
kooperatif
pada
pembelajaran
matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penerapan
sistem pembelajaran tersebut dapat membuat siswa aktif dalam berdiskusi, bertanya
dan mengemukakan pendapat, serta mengerjakan tugas.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah penerapan team
teaching dengan setting kooperatif berpengaruh terhadap hasil dan aktivitas belajar
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4163]