Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan di Puskesmas Kabupaten Jember (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kabupaten Jember)
Abstract
Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan keperawatan yang bermutu semakin
meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan hak dan kewajiban dalam
msyarakat. Oleh sebab itu, mutu pelayanan kesehatan keperawatan harus terus
ditingkatkan sehingga upaya pelayanan kesehatan dapat mencapai hasil yang optimal.
Dengan demikian, reputasi organisasi layanan kesehatan yang bersangkutan akan
meningkat sehingga organisasi layanan kesehatan itu akan selalu menjadi pilihan bagi
siapa saja yang membutuhkan layanan kesehatan yang bermutu. Puskesmas selaku
organisasi ujung tombak pembangunan kesehatan dituntut mempunyai pelayanan
yang bermutu dan berkualitas mengingat semakin meningkatnya kebutuhan
masyarakat akan sarana pelayanan kesehatan. Kabupaten Jember miliki 49
Puskesmas baik perawatan maupun non perawatan dengan jumlah pegawai 1173
yang tersebar di seluruh Puskesmas wilayah kerja Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasional, sedangkan
jenis rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini
adalah semua pegawai Puskesmas wilayah kerja Kabupaten Jember sebanyak 1173
pegawai. Sampel penelitian diambil sebanyak 70 pegawai dan 10 Kepala Puskesmas,
meliputi Puskesmas Jenggawah, Kemuningsari, Patrang, Ajung, Arjasa, Rambipuji,
Sukorambi, Kalisat, Gladak Pakem dan Sumberjambe. Sampel diambil menggunakan
teknik proportional random sampling. Data yang diperoleh, diolah, dan dianalisis
dengan menggunakan uji regresi logistik sederhana menggunakan analisis bivariat
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2256]