Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Hazora Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember
Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember mengembangkan usaha
yang usahanya ini adalah memproduksi air minum dalam kemasan dan diberi
nama Hazora.
Sebagai pendatang produk baru dari tahun 2001, air kemasan Hazora
dalam bisnis di wilayah Kota Kabupaten Jember tentu masih dihadapkan pada
berbagai persoalan produksi dan pemasaran dalam kancah persaingan dengan
kompetitor-kompetitor yang sudah memiliki citra pasar di masyarakat dan
kompetitor yang juga hanya memasarkan produknya di wilayah Kabupaten
Jember. Dalam konteks bauran pemasaran salah satu aspeknya adalah tentang
produk. Sejauh mana sebuah produk dapat menjadi mampu diterima oleh
masyarakat/konsumen tentunya dengan suatu atribut-atribut kualitas yang melekat
pada produk tersebut.
Suatu produk air minum dalam kemasan harus berkualitas, tertera dalam
Keputusan Menteri Kesehatan No.907 Tahun 2002 tentang Syarat dan
Pengawasan Kualitas Air Minum, memuat beberapa persyaratan yang perlu
dipenuhi air untuk layak konsumsi, baik secara fisik, kimia maupun mikrobiologi.
Pertama, dari segi fisik, air harus tidak berbau; tidak berasa; tidak berwarna; serta
tidak boleh keruh. Kedua, dari segi kimiawi, air minum itu boleh mengandung
cemaran logam, tetapi harus sesuai dengan kadar maksimum yang telah
ditetapkan. Cemaran logam dimaksud seperti timbal (Pb); tembaga (Cu);
Cadmium (Cd); Raksa (Hg); Perak (Ag) dan Cobalt (Co). Sedangkan dari segi
mikrobiologinya, air minum sama sekali tidak boleh mengandung cemaran
mikrobiologi. Sehingga produk yang ditawarkan oleh penjual dapat dikatakan
berkualitas oleh konsumen setelah konsumen merasakan kualitas air minum yang
sudah dikonsumsinya dan hal ini yang membuat perusahaan berusaha
memfokuskan pada kualitas produk dan membandingkannya dengan produk yang
ditawarkan oleh pesaing. Dari adanya kualitas produk, konsumen dapat merasakan
apakah suatu produk yang telah dikonsumsi tersebut sudah dapat dikatakan
memenuhi atau tidaknya melebihi harapannya. Sehingga hal ini berkaitan pula
dengan kepuasan konsumen atau pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan kualitas
produk dengan kepuasan pelanggan air minum dalam kemasan Hazora pada
perusahaan daerah air minum (PDAM) Jember. Metode penelitian ini
menggunakan tipe penelitian assosiatif. Teknik pengambilan sampel yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah
responden 90 orang. Sumber data penelitian ini dengan kuesioner. Analisis data
menggunakan rank spearman. Hasil analisis data variabel kualitas produk dengan
kepuasan pelanggan menunjukkan perolehan harga r
hitung sebesar 0,605 dan
tingkat hubungannya tergolong kuat. Sedangkan perolehan harga t hitung sebesar
7,127 dan harga t tabel sebesar 1,991, maka hubungan kualitas produk dengan
kepuasan pelanggan terdapat hubungan yang positif dan signifikan.