Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011
Abstract
Jasa pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam proses
meningkatkan kualitas SDM. Keberhasilan jasa pendidikan ditentukan dalam
memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pengguna jasa pendidikan
tersebut (peserta didik). Jasa pendidikan merupakan jasa yang sangat kompleks
karena dibutuhkan banyak tenaga kerja yang memiliki skill khusus dalam bidang
pendidikan dan membutuhkan infrastruktur (peralatan) yang lengkap dan harganya
cukup mahal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya pengaruh yang
signifikan dari variabel dimensi kualitas jasa yang (keandalan, ketanggapan, jaminan,
empati dan bukti langsung) terhadap kepuasan siswa SMA Unggulan Haf-Sa Zainul
Hasan Genggong, selain itu juga ingin mengetahui varibel mana yang dominan
diantara variabel kualitas palayanan jasa (kehandalan, daya tanggap, jaminan, Empati
dan bukti fisik) terhadap kepuasan siswa SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan
Genggong. Metode penentuan lokasi penelitian secara metode purposive yaitu
ditentukan secara sengaja di SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong.
Penentuan sampel menggunakan rumus proportional random sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial.
Analisis inferensial yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan uji
F dan uji t.
viii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dimensi kualitas jasa secara
simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap kepuasan siswa
SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong. Hal ini dibuktikan dari hasil
perhitungan uji F, dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu (89,79>2.36) dengan taraf
signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,879 atau 87,9%. Hasil
análisis melalui uji t diperoleh data bahwa variabel empati (X4) mempunyai pengaruh
yang paling dominan terhadap kepuasan siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai
hasil uji t, yaitu X1 (kehandalan)= 2,313, X2 (daya tanggap)= 3,161, X3 (jaminan)=
2,407, X4 (empati)= 4,080, X5 (bukti fisik)= 2,402. Selain itu juga dapat dilihat
melalui sumbangan proporsi pengaruh dari masing – masing variabel bebas, yaitu
Kehandalan (X1) = 9,14%, daya tanggap (X2) = 18,72%, jaminan (X3) = 16,41%,
empati (X4) = 29,35%, bukti fisik (X5) = 14,28%.