Pegembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Bilingual Based Instruction pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) Kelas VIII SMP Semester 2
Abstract
Ketertinggalan di berbagai bidang di era globalisasi dibandingkan negaranegara
tetangga rupanya menyebabkan pemerintah terdorong untuk memacu diri
untuk memiliki standar internasional. Sektor pendidikan termasuk yang didorong
untuk berstandar internasional. Dorongan itu bahkan dicantumkan di dalam UU No.
20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 50 ayat (3) yang berbunyi : Pemerintah
dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan
pendidikan pada semua jenjang pendidikan, untuk dikembangkan menjadi satuan
pendidikan yang bertaraf internasional.
Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika
berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media
pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika
berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan
Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga
tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran
matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat
dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang
Sisi Tegak (Dimensi Tiga).
Perangkat lunak utama yang digunakan untuk pengembangan media
pembelajaran matematika bilingual berbantuan computer ini adalah Macromedia
Flash Professional 8. Sedangkan software pendukung yang digunakan adalah Adobe
Photoshop v7.0, Adobe Audition 1.5, Ulead Video Studio. Pemrograman ini
menghasilkan file flash movie (*.swf) dan Application (*.exe).
Langkah-langkah yang akan ditempuh dalam penelitian ini adalah
berdasarkan langkah pengembangan media pendidikan oleh Sadiman. Adapun
viii
langkah-langkah tersebut antara lain: (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan
Tujuan, (3) perumusan butir materi, (4) perumusan kriteria media pembelajaran, (5)
pembuatan media, (6) Uji Visualisasi Desain (Pengambilan Data), (7) Analisis
Desain dan Data (evaluasi dan revisi), (8) Membuat Kesimpulan
Evaluasi dan revisi pada penelitian ini melalui 3 tahap yaitu: (1) konsultasi
dengan dewan pakar teknologi dan pembelajaran matematika, (2) Penilaian dan
tanggapan oleh 2 orang guru matematika SMP, (3) Uji coba produk pada siswa kelas
VIII.
Teknik analisis data menggunakan analisis isi terhadap data kualitatif hasil
wawancara dan analisis statistic deskriptif untuk menganalisis data hasil angket
penilaian. Analisis statistic deskriptif menggunakan analisis prosentase untuk
menentukan kualifikasi komponen produk media pembelajaran ini. Hasil dari angket
pada tahap konsultasi dengan dewan pakar adalah 82,67 % (kualifikasi baik), tahap
penilaian dan tanggapan guru matematika 90,42 % (kualifikasi sangat baik), tahap uji
coba siswa SMP 79,62 % (kualifikasi baik).
Desain media pembelajaran matematika ini terdiri dari materi dan contoh,
latihan soal, info matematika, multimedia, hiburan berupa game dan media untuk
berhitung. Produk akhir pengembangan media pembelajaran ini berupa CD
pembelajaran dan buku panduan penggunaan media. Media pembelajaran yang
dihasilkan telah bersifat interaktif, terorganisir, menarik, variatif, serta menggunakan
2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.