Pembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Permainan Monopoli Pokok Bahasan Layang-Layang dan Trapesium untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gebang 03 Tahun 2011/2012
Abstract
Secara spesifik masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran
matematika di SDN Gebang 03 penentuan penerapan metode dalam pembelajaran,
matematika selalu dianggap sulit oleh kebanyakan siswa, serta kurang menariknya
penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, karena
ketidaksiapan guru dalam membuat media dengan alasan waktu yang terbatas. Hal
tersebut sangat berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika. Sebagai skor awal diambil hasil ulangan pada materi sebelumnya dan
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, yaitu hanya 60% dari 30 siswa
yang mencapai nilai KKM.
Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah
penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli pada
sub pokok bahasan layang-layang dan trapesium pada siswa kelas V SDN Gebang 03
Patrang Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa
selama penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan
monopoli (3) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah
penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli sub pokok bahasan layanglayang
dan trapesium (2) untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama
penerapan pembelajaran (3) untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar siswa
dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan
monopoli.
ix
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil
pertemuan, yaitu pada siklus I pertemuan 1, persentase aktivitas siswa mencapai
52,2%, pada pertemun 2 persentase aktivitas siswa mencapai 61%, dan pada
pertemun 3 persentase aktivitas siswa mencapai 72% pada siklus II pertemuan 1
mencapai 75%, pertemuan 2 mencapai 80% dan pada pertemuan 3 mencapai 83%.
Meski dalam pelaksanaannya masih mengalami sedikit hambatan pada proses
permainan. Namun hal itu dapat diatasi dengan memberikan bimbingan yang lebih
intensif pada siswa.
gtPengambilan data dilaksanakan di SDN Gebang 03 kelas V yang terdiri dari
47 siswa, 26 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 23 November
2011 sampai 09 Desember 2011. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa,
aktivitas guru, dan tes individu.
Saran yang perlu dipertimbangkan baik bagi guru ataupun peneliti lain yaitu,
berdasarkan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media
permainan monopoli dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran
matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.