dc.description.abstract | Model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
merupakan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang beranggotakan 45
orang dalam memecahkan masalah, dimana anggota kelompok tersebut saling
membantu dan bekerjasama. Kelompok-kelompok tersebut mempunyai anggota yang
heterogen baik ras, agama, suku, dan kemampuan akademik. Sedangkan assessment
portofolio merupakan kumpulan fakta/bukti dan dokumen yang berupa tugas-tugas
yang terorganisir secara sistematis dari seseorang secara individual dalam proses
pembelajaran selama satu periode tertentu. Sehingga model pembelajaran STAD
dengan assessment portofolio merupakan serangkaian kegiatan pengumpulan
dokumen atau bukti dari tugas-tugas siswa yang diterapkan dalam suatu model
pembelajaran. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh
model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio terhadap motivasi
belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. (2) Mengetahui pengaruh
model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio terhadap
pengusaan konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul.
Penelitian ini merupakan penelitian education experimental. Tempat
penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Tanggul. Sampel penelitian ditentukan dengan
teknik undian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah sebelumnya
dilakukan uji homogenitas terhadap kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tanggul. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 semester ganjil
tahun ajaran 2010/2011.
Data-data yang diambil dengan menggunakan metode dokumentasi,
wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas untuk
mencari kelas yang homogen, uji ANAVA dan LSD untuk hasil pre-test, post-test,
serta analisis hasil angket dan wawancara motivasi.
Analisis data menggunakan ANAVA menunjukkan bahwa model
pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio berpengaruh terhadap
motivasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif
portofolio berpengaruh sangat signifikan (P=0,000) terhadap motivasi belajar siswa
kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul dengan peningkatan motivasi sebesar 33,75%.
Model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio juga
berpengaruh sangat signifikan (P = 0,000) terhadap penguasaan konsep biologi siswa
dengan rerata skor post-test sebesar 80,02.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dengan
assessment alternatif portofolio berpengaruh terhadap motivasi belajar dan
penguasaan konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. | en_US |