Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Wulandari
dc.date.accessioned2014-01-22T04:46:13Z
dc.date.available2014-01-22T04:46:13Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM060210193206
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20768
dc.description.abstractModel kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang beranggotakan 45 orang dalam memecahkan masalah, dimana anggota kelompok tersebut saling membantu dan bekerjasama. Kelompok-kelompok tersebut mempunyai anggota yang heterogen baik ras, agama, suku, dan kemampuan akademik. Sedangkan assessment portofolio merupakan kumpulan fakta/bukti dan dokumen yang berupa tugas-tugas yang terorganisir secara sistematis dari seseorang secara individual dalam proses pembelajaran selama satu periode tertentu. Sehingga model pembelajaran STAD dengan assessment portofolio merupakan serangkaian kegiatan pengumpulan dokumen atau bukti dari tugas-tugas siswa yang diterapkan dalam suatu model pembelajaran. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio terhadap pengusaan konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. Penelitian ini merupakan penelitian education experimental. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Tanggul. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik undian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah sebelumnya dilakukan uji homogenitas terhadap kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tanggul. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Data-data yang diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas untuk mencari kelas yang homogen, uji ANAVA dan LSD untuk hasil pre-test, post-test, serta analisis hasil angket dan wawancara motivasi. Analisis data menggunakan ANAVA menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio berpengaruh sangat signifikan (P=0,000) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul dengan peningkatan motivasi sebesar 33,75%. Model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio juga berpengaruh sangat signifikan (P = 0,000) terhadap penguasaan konsep biologi siswa dengan rerata skor post-test sebesar 80,02. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio berpengaruh terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210193206;
dc.subjectSTAD, assessment alternatif portofolioen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN ASSESSMENT ALTERNATIF PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANGGULen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record