Show simple item record

dc.contributor.authorYuliani, Ratna
dc.date.accessioned2014-01-22T04:36:10Z
dc.date.available2014-01-22T04:36:10Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210103002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20733
dc.description.abstractPembelajaran biologi merupakan bagian dari sains yang merekonstruksi pikiran manusia berdasarkan pengalaman, pemikiran, dan penyesuaian dengan lingkungan. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran biologi siswa tidak hanya mampu membangun pemahaman dan penguasaan terhadap materi yang telah diperoleh, tetapi juga keterampilan proses baik keterampilan proses dasar maupun terintegrasi melalui peran aktif yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung sehingga terbentuk pemahaman siswa terhadap hakikat pembelajaran biologi sebagai proses maupun sebagai produk. Hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan proses siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Jember rendah karena berada di bawah KKM ≥78 (Sumber: guru bidang studi biologi kelas XI IPA 2 SMAN 1 Jember 2012). Hasil observasi menunjukkan dari 34 siswa 73,5% siswa aktif mengamati, 69,6% siswa aktif mengkomunikasikan, 63,7% siswa aktif mengaplikasi, dan 58,8% siswa aktif menyimpulkan dan 58,8% siswa mampu menerapkan keterampilan proses terintegrasi. Hasil wawancara dengan guru dan siswa menunjukkan bahwa kebanyakan siswa menganggap biologi merupakan pelajaran yang sulit dan menghafal, sehingga minat siswa untuk mempelajari biologi kurang. Model pembelajaran yang kurang variatif dan kurangnya refleksi antar guru untuk melakukan koreksi terhadap proses pembelajaran di kelas turut berpengaruh terhadap keterampilan proses dasar dan terintegrasi siswa. Berdasarkan uraian tersebut diperlukan perbaikan untuk meningkatkan keterampilan proses dasar dan terintegrasi siswa. Implementasi model pembelajaran yang menekankan pada kegiatan belajar aktif yaitu model pembelajaran SAVI melalui lesson study diduga dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan proses dasar dan terintegrasi siswa melalui berbagai aktivitas somatis, auditori, visual, dan intelektual siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses dasar dan terintegrasi siswa. Tempat penelitian ditentukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua tahap, yaitu tahap observasi dan tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan yaitu dengan implementasi model pembelajaran SAVI melalui lesson study yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada tiap pertemuan siklus terdiri dari tahap perencanaan (plan), pelaksanaan dan observasi (do), dan refleksi (see). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil keterampilan proses siswa dan aktivitas guru. Analisis data menggunakan perhitungan persentase dan kriteria keterampilan proses dasar dan terintegrasi untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses dasar dan terintegrasi siswa pada tiap siklus. Persentase hasil keterampilan proses dasar dan terintegrasi siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari pra-siklus dan peningkatan pada siklus II. Peningkatan keterampilan proses dasar siswa sebesar 6,2% dari pencapaian keterampilan proses dasar siklus I sebesar 77,5% dan 83,7% pada siklus II. Peningkatan keterampilan proses terintegrasi sebesar 12,3% dari pencapain siklus I sebesar 66,7% dan 79% pada siklus II, maka Penelitian Tindakan Kelas ini sesuai dengan hipotesis. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan keterampilan proses dasar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Jember pada pembelajaran biologi dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 6,2%; (2) Peningkatan keterampilan proses terintegrasi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Jember pada pembelajaran biologi dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 11,8%en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103002;
dc.subjectModel Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual, SAVI, Keterampilan Proses Dasar dan Terintegrasien_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR DAN TERINTEGRASI BIOLOGI SISWA (POKOK BAHASAN SISTEM REGULASI) KELAS XI IPA 2 SMAN 1 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record