dc.description.abstract | RI
NG
K
AS
AN
“Pe
n
e
r
ap
an
M
od
e
l
P
e
m
b
e
l
aj
ar
an
K
oop
e
r
t
i
f
T
i
p
e
CI
RC
S
a
l
a
h
s
a
t
u
ke
nd
a
l
a
ut
a
m
a
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
di
s
e
kol
a
h
a
da
l
a
h
kur
a
ng
a
nt
us
i
a
s
n
y
a
s
i
s
wa
unt
uk
be
l
a
j
a
r
.
S
i
s
wa
c
e
nde
r
ung
m
e
ne
r
i
m
a
a
pa
y
a
ng
di
s
a
m
pa
i
ka
n
ol
e
h
gur
u,
di
a
m
,
da
n
e
ngga
n
m
e
nge
m
uka
ka
n
pe
r
t
a
n
y
a
a
n
a
t
a
u
pe
nda
pa
t
.
Gur
u
c
e
nde
r
ung
m
e
ngguna
ka
n
m
e
t
od
e
e
k
s
pos
i
t
or
i
da
l
a
m
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n.
M
e
t
ode
e
ks
po
s
i
t
or
i
di
a
ngga
p
s
e
ba
ga
i
m
e
t
od
e
y
a
ng
pa
l
i
n
g
e
f
e
kt
i
f
d
a
l
a
m
pe
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n.
B
e
r
da
s
a
r
ka
n
ha
s
i
l
obs
e
r
va
s
i
di
ke
t
a
hui
ba
hwa
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
t
e
r
s
e
but
m
e
n
y
e
b
a
bka
n
a
kt
i
vi
t
a
s
s
i
s
wa
m
e
nj
a
di
pa
s
i
f
,
m
a
l
a
s
be
l
a
j
a
r
da
n
m
unc
u
l
r
a
s
a
bos
a
n
da
l
a
m
di
r
i
s
i
s
wa
.
Ha
l
i
ni
l
a
h
y
a
ng
m
e
n
y
e
b
a
bka
n
r
e
nda
hn
y
a
h
a
s
i
l
be
l
a
j
a
r
s
i
s
wa
ke
l
a
s
V
I
I
C
S
M
P
Ne
ge
r
i
5 J
e
m
be
r
.
M
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
k
oop
e
r
a
t
i
f
t
i
pe
C
I
R
C
m
e
r
upa
ka
n
s
e
bua
h
pr
o
gr
a
m
kom
pe
r
he
ns
i
f
unt
uk
m
e
nga
j
a
r
i
m
e
m
ba
c
a
,
m
e
nul
i
s
,
da
n
s
e
ni
ba
ha
s
a
di
s
e
kol
a
h
da
s
a
r
da
n
s
e
kol
a
h
m
e
n
e
nga
h
.
P
e
ne
r
a
p
a
n
m
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
koop
e
r
a
t
i
f
t
i
pe
C
I
R
C
m
e
r
upa
ka
n
pe
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
y
a
ng
m
e
m
a
duk
a
n
f
a
s
e
f
a
s
e
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
ko
ope
r
a
t
i
f
de
nga
n
uns
ur
uns
ur
y
a
ng
a
d
a
pa
da
C
I
R
C
m
e
l
a
l
ui
t
a
ha
pa
n
t
a
h
a
pa
n
pe
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
y
a
i
t
u
ke
l
om
pok
a
t
a
u
t
i
m
,
pe
m
be
r
i
a
n
w
a
c
a
na
,
k
e
gi
a
t
a
n
ke
gi
a
t
a
n
y
a
ng
be
r
hubun
ga
n
de
ng
a
n
wa
c
a
n
a
y
a
i
t
u
m
e
m
ba
c
a
be
r
pa
s
a
ng
a
n,
m
e
ngi
de
nt
i
f
i
ka
s
i
,
da
n
m
e
ne
m
uka
n
ka
t
a
kunc
i
,
pe
m
e
r
i
ks
a
a
n
p
a
s
a
nga
n,
p
r
e
s
e
nt
a
s
i
ke
l
om
pok,
m
e
m
bua
t
ke
s
i
m
pul
a
n,
da
n
t
e
s
.
Tuj
ua
n
da
r
i
pe
ne
l
i
t
i
a
n
i
ni
a
da
l
a
h
unt
uk
m
e
ndi
s
kr
i
ps
i
ka
n
pe
ne
r
a
p
a
n
m
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
koope
r
a
t
i
f
t
i
pe
C
I
R
C
,
m
e
nga
n
a
l
i
s
i
s
a
kt
i
vi
t
a
s
s
i
s
wa
da
n
ke
t
un
t
a
s
a
n
ha
s
i
l
be
l
a
j
a
r
s
i
s
wa
s
e
t
e
l
a
h
pe
l
a
ks
a
na
a
n
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
m
e
ngguna
ka
n
m
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
koope
r
a
t
i
f
t
i
pe
C
I
R
C
pa
da
pokok
ba
ha
s
a
n
a
r
i
t
m
a
t
i
ka
s
os
i
a
l
s
i
s
wa
ke
l
a
s
V
I
I
C
S
M
P
Ne
ge
r
i
5 J
e
m
be
r
t
a
hun a
j
a
r
a
n 2012/
2013
.
vi
i
i
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa diketahui
bahwa persentase aktivitas guru mengajar pada siklus I pembelajaran I sebesar
77.78%, dan pembelajaran II sebesar 86.11% sedangkan persentase aktivitas guru
mengajar pada siklus II pembelajaran I sebesar 91,67% dan pembelajaran II sebesar
94.44%. Persentase aktivitas siswa secara individu pada siklus I pembelajaran I
sebesar 76.4% dan pembelajaran II sebesar 79.19% sedangkan siklus II pembelajaran
I sebesar 81.08% dana pembelajaran II sebesar 98.63%. Persentase aktivitas siswa
secara kelompok pada siklus I pembelajaran I sebesar 63.89% dan pembelajaran II
sebesar 63.89% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 86.11% dan pada
pembelajaran II sebesar 93.51%.
Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65.79%
sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 81.58%. Karena
ketuntasan klasikal pada siklus II ≥75% maka hasil pelaksanaan siklus II telah
memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga tidak perlu dilaksanakan penambahan
siklus.
Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
CIRC efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
VIIB SMP Negeri 5 Jember pada pokok bahasan aritmatika sosial | en_US |