MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI STRATEGI DRTA (direct reading thingking activity ) PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman cerita anak kemampuan membaca
pemahaman bacaan cerita anak siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember masih
rendah. Siswa belum mampu membaca pemahaman bacaan cerita anak dengan baik.
Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Masalah penelitian ini
yaitu: (1) bagaimanakah proses penerapan strategi DRTA (Direct Reading Thingking
Activity) yang dinilai dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita
anak siswa kelas V SDN Kebonsari I Jember, (2) bagaimanakah peningkatkan
kemampuan membaca pemahaman teks cerita anak siswa kelas V SDN Kebonsari I
Jember setelah pembelajaran dengan menggunakan strategi DRTA (Direct Reading
Thingking Activity). Tujuan dalam penelitian yaitu: (1) mendeskripsikan proses
penerapan strategi DRTA (Direct Reading Thingking Activity) yang dinilai dapat
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks cerita anak siswa kelas V
SDN Kebonsari I Jember, (2) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan membaca
pemahaman teks cerita anak siswa kelas V SDN Kebonsari I Jember setelah
pembelajaran dengan menggunakan strategi (Directed Reading Thingking Activity
DRTA.