Pentingnya penggunaan Bahasa Inggris dalam peningkatan kualitas pemasaran di Biro perjalanan wisata Raja Tour and Travel
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang diakui sebagai sarana
komunikasi antar bangsa. Pada pelaksanaannya segala hal yang memiliki ruang
lingkup global sangat erat kaitannya dengan penggunaan bahasa Inggris. Dalam
bidang pariwisata, penggunaan bahasa Inggris sangat penting perannya. Model
komunikasi baik dengan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara selalu
berkaitan langsung dengan pemakaian bahasa Inggris. Pada Biro perjalanan wisata
itu sendiri, penggunaan bahasa Inggris merupakan salah satu syarat yang mutlak
untuk meningkatkan kualitas biro perjalanan wisata itu sendiri. Dalam bidang
pemasaran misalnya, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemasaran,
penggunaan bahasa Inggris menjadi salah satu syarat mutlak yang harus
dilakukan. Hal ini yang menjadi pokok bahasan yang diambil dalam penyusunan
laporan ini.
Objek pelaksanaan Praktek Kerja Nyata ini adalah CV. RAJA TOURS &
TRAVEL di jember yang dilaksakan pada bulan Januari-Februari 2010. Hasil yang
diterima secara langsung selama pelaksanaan Praktek Kerja Nyata adalah
mendapat kesempatan mengikuti penyusunan tour, melakukan marketing,
mengikuti technical meeting, membantu persiapan keperluan untuk pelaksanan
tour, membantu kegiatan operasional kantor serta pengenalan dengan seluruh staff
sesuai jabatannya serta seluk beluk usaha biro perjalanan CV. RAJA TOURS &
TRAVEL.
vii
Kesimpulan yang diperoleh dari analisis dan pembahasan masalah adalah
pentingnya peranan bahasa Inggris dalam biro perjalanan wisata terutama bidang
pemasaran untuk menarik pihak konsumen dengan meningkatkan kualitas
pelayanan, terutama pelayanan yang diberikan karyawan kepada para konsumen
sehingga mampu meningkatkan citra positif perusahaan dimata mereka.