ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN PADA TOKO BUKU TOGAMAS JEMBER
Abstract
Variabel produk, lokasi, harga, merek, promosi dan pelayanan
berpengaruh terhadap kecenderungan keputusan pembelian konsumen pada Toko
Buku Togamas Jember. Dan dari salah satu variabel tersebut variabel manakah
yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kecenderungan keputusan
pembelian oleh konsumen pada Toko Buku Togamas Jember Tujuan penelitian
adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel produk, lokasi, harga,
merek, promosi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen untuk melakukan pembelian di Toko Buku Togamas Jember.
Populasi di dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang di Toko
Buku Togamas Jember. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive
Sampling. Sampel penelitian sebanyak 120 orang. Metode analisis data yang
digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Produk, lokasi, harga, merek,
promosi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
untuk melakukan pembelian di Toko Buku Togamas Jember. Variabel pembeda
terbesar dengan frekuensi berbelanja adalah merek. Jadi merek menjadi faktor
yang paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Buku
Togamas Jember.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Produk, lokasi, harga,
merek, promosi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan
keputusan konsumen untuk melakukan pembelian di Toko Buku Togamas
Jember. Dan variabel yang paling dominan terhadap kecenderungan keputusan
pembelian konsumen di Toko Buku Togamas Jember adalah merek.