Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Utari
dc.date.accessioned2014-01-22T04:28:57Z
dc.date.available2014-01-22T04:28:57Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210101091
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20711
dc.description.abstractBerdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru pengajar bidang studi matematika kelas VII-B SMP Negeri 14 Jember, diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dikarenakan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa yakni kesalahan teorema, kesalahan penggunaan data, dan kesalahan teknik. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMP tersebut adalah metode ceramah. Pembelajaran metematika realistik merupakan pembelajaran matematika yang menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model, menggunakan kontribusi siswa, interaktif, dan integrasi dengan topik lainnya, dalam proses pembelajaran siswa mengkonstruksi, membuat model matematika, dan saling membantu pekerjaan atau tugas akademik teman sekelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, kecenderungan jenis kesalahan, aktivitas, dan efektivitas pembelajaran Matematika Realistik untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 14 Jember tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 37 siswa. Alasan pemilihan subjek penelitian yaitu kelas VII-B memiliki kemampuan siswa yang heterogen dan sebagian besar siswa kelas VII-B banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Metode pengumpulan data antara lain tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 November sampai 1 Desember 2011. Proses penelitian diawali tes pendahuluan dengan bahan kajian implementasi operasi hitung bentuk aljabar yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan jenis kesalahan siswa sebelum pembelajaran. Pembelajaran Matematika Realistik dilakukan 2 siklus. Langkah pembelajaran yaitu dengan urutan langkah 1 memahami masalah kontekstual, langkah 2 menjelaskan masalah kontekstual, langkah 3 menyelesaikan masalah kontekstual, langkah 4 membandingkan dan mendiskusikan jawaban siswa, dan langkah 5 menyimpulkan. Berdasarkan hasil analisa tes pendahuluan diketahui bahwa siswa melakukan jenis kesalahan penggunaan data sebesar 8,1%, kesalahan teorema sebesar 11,9%, kesalahan teknik sebesar 6,5%, dan kesalahan lain sebesar 64,3%. Sedangkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes akhir 1 yakni kesalahan penggunaan data sebesar 4,3%, kesalahan teorema sebesar 40%, kesalahan teknik sebesar 3,2%, dan kesalahan lain sebesar 10,3%. Diperoleh kesimpulan bahwa pada tes pendahuluan, siswa cenderung melakukan jenis kesalahan lain. Dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes akhir 2 yakni kesalahan penggunaan data sebesar 3,8%, kesalahan teorema sebesar 20%, kesalahan teknik sebesar 3,2%, dan kesalahan lain sebesar 9,7%. Hasil analisis data aktivitas siswa selama pembelajaran menunjukkan rata-rata adalah aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai 61,8%, dan siklus 2 mencapai 72,5%. Berdasarkan analisa data pada hasil tes siswa pada siklus 1 dan siklus 2 dapat diketahui bahwa dalam mengerjakan soal persamaan linier satu variabel, siswa cenderung melakukan kesalahan teorema. Pada siklus 2 diperoleh persentase efektivitas pembelajaran sebesar 36,5% dengan kata lain pembelajaran matematika realistik cukup efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101091;
dc.subjectMATEMATIKA REALISTIK MENGURANGI KESALAHAN SISWA, MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINIER SATU VARIABELen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENGURANGI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record