PENGARUH KARAKTERISTIK ENDORSER SEBAGAI MODEL IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK SHAMPO CLEAR PADA PEMIRSA TELEVISI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Karakteristik Endorser Sebagai Model
Iklan Terhadap Kesadaran Merek Shampo CLEAR Pada Pemirsa Televisi Di
Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Penelitian ini adalah bertujuan : 1)
Mengetahui dan menganalisis pengaruh expertise (keahlian) Cristiano Ronaldo
terhadap kesadaran merek shampo CLEAR pada pemirsa televisi di Fakultas
Ekonomi Universitas Jember; 2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh
trustworthiness (kepercayaan) Cristiano Ronaldo terhadap kesadaran merek
shampo CLEAR pada pemirsa televisi di Fakultas Ekonomi Universitas Jember;
3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh attractiveness (daya tarik) Cristiano
Ronaldo terhadap kesadaran merek shampo CLEAR pada pemirsa televisi di
Fakultas Ekonomi Universitas Jember dan; 4) Mengetahui dan menganalisis
pengaruh yang meliputi Expertise (keahlian), Trustworthiness (kepercayaan), dan
attractiveness (dayatarik) Cristiano Ronaldo terhadap kesadaran merek shampo
CLEAR pada pemirsa televisi di Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Populasi
dalam penelitian ini adalah pemirsa televisi di Fakultas Ekonomi Universitas
Jember (Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2009, 2010, 2011) yang
pernah melihat tayangan iklan Shampo CLEAR Men di televisi yang dibintangi
Cristiano Ronaldo.
Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan
jumlah responden sebanyak 100 orang. Variabel independent yang digunakan
yaitu sebanyak 3 variabel dan variabel dependent yang digunakan yaitu sebanyak
1 variabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Analisis regresi merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk mengetahui
pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Dalam analisis regresi variabel
yang mempengaruhi disebut independent variable (variabel bebas) dan variabel
yang mempengaruhi disebut dependent variable (variabel terikat). Jika dalam
persamaan regresi hanya terdapat salah satu variabel bebas dan satu variabel
terikat, maka disebut sebagai regresi sederhana, sedangkan jika variabelnya
bebasnya lebih dari satu, maka disebut sebagai persamaan regresi berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : 1) Expertise Cristiano Ronaldo berpengaruh
signifikan terhadap kesadaran merek shampo CLEAR pada pemirsa televisi di
Fakultas Ekonomi Universitas Jember dengan arah positif; 2) Trushworthiness
Cristiano Ronaldo berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek shampo CLEAR pada pemirsa televisi di Fakultas Ekonomi Universitas Jember dengan
arah positif; 3) Attractiveness Cristiano Ronaldo berpengaruh signifikan terhadap
kesadaran merek shampo CLEAR pada pemirsa televisi di Fakultas Ekonomi
Universitas Jember dengan arah positif; 4) Expertise, trushworthiness dan
attractiveness Cristiano Ronaldo berpengaruh signifikan terhadap kesadaran
merek shampo CLEAR pada pemirsa televisi di Fakultas Ekonomi Universitas
Jember dengan arah positif.