KETERKAITAN KEMAMPUAN NUMERIK DAN KECERDASAN EMOSI(EQ) DENGAN HASIL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PROBOLINGGO PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa dapat disebabkan oleh dua faktor,
yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang terdapat dalam
individu yang belajar sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang terdapat di luar
individu yang belajar. Salah satu faktor intern yang sangat menunjang keberhasilan
belajar matematika adalah kemampuan numerik dan kecerdasan emosi (EQ).
Kemampuan numerik adalah kemampuan berfikir dengan menggunakan angka-angka
atau bilangan sedangkan EQ adalah kemampuan untuk memahami diri sendiri dan
orang lain atau lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
adanya keterkaitan kemampuan numerik dan EQ baik secara parsial maupun
bersama-sama dengan hasil UAS matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Probolinggo pada semester genap tahun pelajaran 2007/2008. Keterkaitan diartikan
sebagai pengaruh yang diberikan oleh variabel bebas, yakni kemampuan numerik dan
EQ terhadap variabel terikat (hasil UAS matematika siswa kelasVIII SMP Negeri 4
Probolinggo).
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Probolinggo dengan sampel penelitian
sebanyak 154 siswa dari 256 siswa kelas VIII. Metode penentuan sampel ini
mengikuti aturan Krejcie yang memiliki taraf signifikansi 95%. Berdasarkan aturan
Krejcie, sampel yang harus diambil dari 256 siswa adalah sebanyak 154 siswa dari
seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel ini dilakukan secara acak dari tiap-tiap
kelas VIII secara seimbang sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan
data penelitian adalah dengan metode tes, angket, dokumentasi, dan wawancara.
Metode tes hanya digunakan untuk mengetahui kemampuan numerik siswa
sedangkan angket EQ digunakan untuk mengetahui tingkat EQ siswa. Untuk
menganalisa data digunakan program SPSS 13.0 yang terdiri dari análisis regresi
linear berganda, uji F, koefisien determinasi berganda, uji t, dan uji asumsi regresi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara variabel
bebas dengan variabel terikat,baik secara parsial maupun bersama-sama. Berdasarkan
uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,092 untuk kemampuan numerik dan 10,403 untuk
EQ. Nilai thitung yang signifikan ini memperlihatkan adanya keterkaitan antara
kemampuan numerik dengan hasil UAS matematika siswa dan juga adanya
keterkaitan antara EQ dengan hasil UAS matematika siswa. Keterkaitan ini
memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan antara masing-masing variabel
bebas dengan variabel terikat.
Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara kemampuan
numerik dan EQ secara bersama-sama dengan hasil UAS matematika siswa, yakni
sebesar 78,354. Keterkaitan ini lebih lanjut ditunjukkan oleh persamaan garis regresi
berganda Y = 25,648 + 0,438X1 + 1,122X2 yang teruji melalui uji asumsi regresi.
Pengaruh bersama kemampuan numerik dan EQ adalah sebesar 50,9% yang
ditunjukkan oleh koefisien determinasi sedangkan 49,1% dipengaruhi oleh faktorfaktor
lainnya seperti faktor keluarga, kesehatan jasmani, dan sebagainya.