Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Melalui Metode Eksperimen Pokok Bahasan Gerak Di Kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil
belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Aktivitas belajar siswa memegang
peranan penting dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil
observasi awal di kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul, ditemukan aktivitas belajar
siswa masih rendah. Hal ini ditunjukan dari data hasil observasi awal diproleh
40,00% siswa yang aktif bertanya; 36,67% siswa yang aktif mencatat. Jadi skor ratarata
aktivitas belajar siswa 15,33%, untuk hasil belajar fisika siswa dari 40 siswa
hanya 40% yang mendapatkan nilai ≥ 75; sedangkan 60% siswa lainnya mendapat
nilai < 75.
Berdasarkan uraian di atas, permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1)
Bagaimanakah peningkatan aktifitas belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul
tahun pelajaran 2010/2011 menggunakan pembelajaran fisika menggunakan model
kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) melalui metode eksperimen pokok
bahasan gerak. (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa kelas
VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun pelajaran 2010/2011 menggunakan pembelajaran
NHT (Numbered Head Together) melalui metode eksperimen pokok bahasan gerak.
maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Numbered
Head Together melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas belajar dan
ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul. Model ini
memiliki kelebihan yaitu dapat melatih siswa berfikir mandiri melalui investigasi,
serta efektif membentuk siswa untuk bekerjasama dalam kelompok dengan latar
belakang berbeda.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan peningkatan
ketuntasan hasil belajar pembelajaran NHT (Numbered Head Together) melalui
metode eksperimen pokok bahasan Gerak di kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun
pelajaran 2010/2011. (2) Mendiskripsikan aktifitas belajar siswa selama proses
pembelajaran fisika menggunakan NHT (Numbered Head Together) melalui metode
eksperimen pokok bahasan Gerak di kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun
pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini dilakukan di kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul yang
didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu
rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah
“penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan post-test. Teknik
analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara
kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian; (2) persentase aktivitas belajar
untuk menentukan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan
siklus 2; (3) persentase ketuntasan hasil belajar untuk menentukan ketuntasan hasil
belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Peningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together
pada pokok bahasan gerak kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul dari 40,00%, dalam
kategori kurang aktif menjadi 73,50% dalam katagori aktif (siklus 1) dan 81,33% dalam
kategori sangat aktif (siklus 2); (2) Peningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together
pada pokok bahasan gerak kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul dari 40 % dalam kategori
kurang tuntas menjadi 67,5% dalam kategori tuntas (siklus 1) dan 87,5 % dalam kategori
sangat tuntas (siklus 2).