• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Melalui Metode Eksperimen Pokok Bahasan Gerak Di Kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (201)_1_processed.pdf (333.6Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Indah Rusmita Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Aktivitas belajar siswa memegang peranan penting dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul, ditemukan aktivitas belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukan dari data hasil observasi awal diproleh 40,00% siswa yang aktif bertanya; 36,67% siswa yang aktif mencatat. Jadi skor ratarata aktivitas belajar siswa 15,33%, untuk hasil belajar fisika siswa dari 40 siswa hanya 40% yang mendapatkan nilai ≥ 75; sedangkan 60% siswa lainnya mendapat nilai < 75. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah peningkatan aktifitas belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun pelajaran 2010/2011 menggunakan pembelajaran fisika menggunakan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) melalui metode eksperimen pokok bahasan gerak. (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun pelajaran 2010/2011 menggunakan pembelajaran NHT (Numbered Head Together) melalui metode eksperimen pokok bahasan gerak. maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Numbered Head Together melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul. Model ini memiliki kelebihan yaitu dapat melatih siswa berfikir mandiri melalui investigasi, serta efektif membentuk siswa untuk bekerjasama dalam kelompok dengan latar belakang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar pembelajaran NHT (Numbered Head Together) melalui metode eksperimen pokok bahasan Gerak di kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun pelajaran 2010/2011. (2) Mendiskripsikan aktifitas belajar siswa selama proses pembelajaran fisika menggunakan NHT (Numbered Head Together) melalui metode eksperimen pokok bahasan Gerak di kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan di kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan post-test. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian; (2) persentase aktivitas belajar untuk menentukan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2; (3) persentase ketuntasan hasil belajar untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Peningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together pada pokok bahasan gerak kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul dari 40,00%, dalam kategori kurang aktif menjadi 73,50% dalam katagori aktif (siklus 1) dan 81,33% dalam kategori sangat aktif (siklus 2); (2) Peningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together pada pokok bahasan gerak kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul dari 40 % dalam kategori kurang tuntas menjadi 67,5% dalam kategori tuntas (siklus 1) dan 87,5 % dalam kategori sangat tuntas (siklus 2).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20626
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository