“Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Pemahaman Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X-5 SMA Negeri Rambipuji Jember Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012)”
Abstract
Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji
Jember sudah tergolong aktif, namun kelas X-5 memiliki aktivitas yang paling rendah
dibandingkan dengan kelas lainnya yaitu kelas X-1 sampai X-6, pemahaman siswa
kelas X-5 juga terbilang cukup rendah hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas
yang sebagian siswanya masih rendah atau di bawah standart ketuntasan minimal
yang di tetapkan oleh sekolah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive,
yaitu pada kelas X-5 di SMA Negeri Rambipuji Jember. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa.
Hal tersebutdapat dilihat dari lembar observasi aktivitas pada tiap siklus dan nilai
post test yang dilakukan setiap akhir siklus pada mata pelajaran Ekonomi materi
kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi siswa kelas X-5 SMA Negeri
Rambipuji Jember. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas X-5 tergolong Aktif
yaitu sebesar 68.43 %. Secara individu nilai rata-rata ulangan harian siswa pada
viii
siklus I sebesar 72,23 yang berarti sudah memenuhi KKM. Secara klasikal, nilai
ulangan harian siswa sudah memenuhi standar ketuntasan yang mencapai 79,41%.
Pada siklus II, aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 68.43% pada siklus I
meningkat menjadi 77.84% dengan kategori Aktif, sedangkan rata-rata nilai ulangan
harian siswa secara individu sebesar 84.64 dan secara klasikal mencapai 91.17%.
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar
dan pemahaman siswa kelas X-5 SMA Negeri Rambipuji Jember semester genap
tahun ajaran 2011/2012.