Show simple item record

dc.contributor.authorKiki Rizki Susanti
dc.date.accessioned2014-01-22T02:54:03Z
dc.date.available2014-01-22T02:54:03Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM060210191196
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20587
dc.description.abstractSalah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan khususnya matematika. Peningkatan penguasaan matematika tidak lepas dari proses belajar mengajar di sekolah. Langkah pertama untuk meningkatkan penguasaan tersebut adalah dengan menumbuhkan motivasi pada diri siswa. Salah satu strategi yang cocok untuk meningkatkan motivasi siswa agar belajar lebih aktif adalah dengan melakukan variasai pembelajaran matematika yaitu dengan melaksanakan pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor mathematics). Metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai sumber belajar dan sarana belajar. Namun masih banyak guru matematika yang belum menerapkan metode pembelajaran di luar kelas. Hal ini disebabkan belum ada acuan atau contoh tentang perangkat pembelajaran matematika yang sesuai dengan metode pembelajaran di luar kelas. Berdasarkan alasan tersebut perlu dikembangkan perangkat pembelajaran matematika luar kelas. Pokok bahasan yang dipilih adalah aritmatika sosial karena materi tersebut berhubungan langsung dengan aplikasi konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan alat evaluasi yang berupa soal pretest dan post-test. Pengembangan perangkat ini menggunakan prosedur pengembangan yang beracuan pada Model Kemp. Proses pendesainan dan penyusunan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan dengan menentukan materi pokok terlebih dahulu. Setelah materi ditentukan, maka peneliti merumuskan kompetensi dasar dan viii indikator yang akan digunakan. Peneliti juga menentukan pre-test dan post-test sebagai alat evaluasi. Langkah berikutnya adalah mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat berdasarkan langkah-langkah pembelajaran OM yang diperoleh dari berbagai sumber. Dan alat pembelajaran yang digunakan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Selama proses pembuatan perangkat pembelajaran, peneliti juga mendesain dan mengembangkan lembar validasi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa yang akan digunakan selama pembelajaran berlangsung, dan angket respon siswa. Validasi perangkat dilakukan oleh 2 Dosen Matematika FKIP Universitas Jember yaitu Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D dan Dian Kurniati, M.Pd dan 1 guru matematika SMP Negeri 2 Panji yaitu Endang Dwi Pangestu, S.Pd. Hasil validasi Perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan alat evaluasi yang berupa soal pretest dan post-test telah memenuhi kriteria kevalidan atau kelayakan dengan skor masingmasing 0,8593; 0,8267; 0,7983; 0,7856. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien validitasnya lebih dari 60,00 yang berarti koefisien validitas tinggi atau sangat tinggi. Langkah setelah validasi adalah uji coba perangkat. Uji coba dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2011 sampai 19 Januari 2011 di SMPN 2 Panji kelas VII A. Adapun data yang diperoleh adalah aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran matematika di luar kelas pada pertemuan pertama sebesar 100% dan 80% pada pertemuan kedua artinya menunjukkan kategori cukup baik. Dengan demikian aktivitas guru dapat dikatakan telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran matematika di luar kelas. Sedangkan keaktifan siswa pada pembelajaran pertama mencapai 80.56% dan pada pertemuan kedua mencapai 100%. Persentase keaktifan tersebut menunjukkan kategori baik dan sangat baik, artinya sebagian besar siswa aktif mengikuti pembelajaran matematika di luar kelas. Hasil belajar menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test, yaitu rata-rata nilai pre-test adalah 54 dan rata-rata post-test adalah 67, nilai yang dicapai mencapai KKM yaitu 65 yang pada sebelumnya tidak tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210191196;
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS (OUTDOOR MATHEMATICS) MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 2 PANJI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record