PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBAYARAN ASURANSI KEMATIAN (ASKEM) PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil praktek kerja nyata (PKN) pada PT. TASPEN (persero)
Cabang Jember dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
a. PT. TASPEN (Persero) Cabang Jember merupakan Badan Usaha Milik
Negara (BUMN) yang bertugas menyelenggarakan kesejahteraan Pegawai
Negeri dan keluarganya melalui program yang dikelola yaitu program
pensiunan dan tht.
b. PT. TASPEN (Persero) terdiri dari beberapa bagian atau bidang dan
merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan yaitu Bidang Pelayanan,
Bidang Keuangan, Dan Bidang Umum. Kegiatannyaberjalan sesuai dengan
prosedur yang telah ditetapkan dan terprogram dengan baik.
c. Pegawai Negeri Sipil harus mempunyai Kartu Peserta Taspen (KPT) untuk
mengajukan permohonan pembayaran. Kartu Peserta Taspen (KPT) adalah
kartu kepesertaan yang dikeluarkan oleh PT. TASPEN (Persero) yang berlaku
sebagai bukti bahwa pemegang kartu tersebut adalah peserta program Taspen.
d. Pelaksanaa Administrasi Pembayaran Asuransi Kematian adalah sebagai
berikut:
1) Peserta diharuskan datang sendiri ke PT. TASPEN (Persero) untuk
mengajukan surat permintaan pembayaran (SPP) klim Asuransi Kematian
dengan membawa persyaratan yang diperlukan dan mengisi formulir yang
disediakan oleh PT. TASPEN (Persero)sesuai dengan permohonan
pembayaran yang diinginkan.
2) Data-data peserta tersebut diserahkan kebidang pelayanan klim untuk
dicek kebenaran dan kelengkapannya serta didokumentasikan dalam
komputer. Petugas pelayanan akan melakukan perhitungan besarnya
manfaat Asuransi Kematian yang diperoleh peserta melalui lembar
perhitungan hak yang akan diserahkan pada bidang keuangan.
3) Petugas keungan menerima lembar perhitungan hak dan membuat voucher
klim sebagai bukti transaksi atau pembayaran pada peserta, kemudian
voucher disahkan oleh Kasir Keungan dan Kabit Keungan. Setelah proses
pada bidang keuangan selesai, maka kasir melakukan posting voucher
yang sudah dibayarkan serta mencetak laporan harian.
4) Demi kelancaran usaha yang dikelola, maka PT. TASPEN (Persero)
memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada setiap peserta yang
berasaskan tempat orang, tempat jumlah, tepat waktu dengan sikap yang
sopan, sabar, mudah dan sederhana.
Collections
- DP-Financial Management [400]